Jumat 19 Agustus 2022, 18:39 WIB

Bus Trans Jatim Koridor 1 Resmi Beroperasi

Heri Susetyo | Nusantara
Bus Trans Jatim Koridor 1 Resmi Beroperasi

MI/Heri Susetyo
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa (duduk kanan) meresmikan pengoperasian Bus Trans Jatim Koridor 1, Jumat (19/8).

 

BUS Trans Jatim koridor 1 yang menghubungkan wilayah Sidoarjo, SurabayaM dan Gresik resmi dioperasikan di Terminal Porong Kabupaten Sidoarjo, Jumat (19/8).

Bus Trans Jatim koridor 1 yang dioperasikan setiap hari sebanyak 22 unit, dua diantaranya sebagai cadangan. Bus cadangan ini untuk antisipasi apabila ada bus yang dioperasikan di jalan mengalami kendala.

Acara peresmian Bus Trans Jatim dihadiri Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor dan Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani. Selain itu Direktur Angkutan Jalan Kemenhub Suharto, Ketua Komisi D DPRD Jatim Agung Mulyono, Wakil Ketua Komisi C DPRD Jatim Khulaim Junaidi dan Kepala Dinas Perhubungan Jatim Nyono.

Seusai meresmikan bus yang ditandai pemencetan tombol dan pemecahan kendi, Khofifah bersama sejumlah tamu undangan mencoba naik Bus Trans Jatim. Namun mereka hanya mencoba naik bus keliling sekitar pasar dan Terminal Porong.

"Tentunya dengan Bus Trans Jatim koridor 1 ini bisa mengurangi kemacetan, menambah keselamatan, mengurangi gas emisi sehingga polusi bisa terkurangi," kata Khofifah.

Kepala Dinas Perhubungan Jatim Nyono mengatakan, Bus Trans Jatim dilengkapi fasilitas yang nyaman.Dari 20 unit kursi yang ada di bus ada dua kursi khusus untuk penyandang disabilitas atau ibu hamil. Bus mulai beroperasi jam 5 pagi hingga 21.00 WIB.

Pembayaran tiket bus secara cashless lewat aplikasi Transjatim Ajaib. Lewat aplikasi tersebut akan ada penjelasan lengkap rute, tempat bus berhenti, tarif dan sebagainya. Namun untuk masyarakat yang belum terbiasa cashless bisa membayar secara tunai. "Kita berharap masyarakat yang biasa naik motor bisa memanfaatkan armada bus nyaman dan murah ini," kata Nyono.

Menurut Nyono, 78 persen kecelakaan terjadi pada pengendara motor. Maka dengan adanya bus Trans Jatim ini juga diharapkan mengurangi angka kecelakaan.

Hega Satria, siswa kelas XI SMA Bhayangkari Porong mengaku nyaman naik bus Trans Jatim. Meskipun hanya mencoba keliling sekitar Terminal Porong. "Sangat nyaman, bersih dan murah. Pelajar hanya Rp2.500," kata Hega.

Bus Trans Jatim ini hanya akan menaikkan penumpang di halte khusus yang disediakan. Sehingga mereka tidak menaikkan penumpang di tempat sembarangan untuk menghindari gesekan dengan angkutan umum. Setelah Bus Trans Jatim koridor 1 ini, selanjutnya akan ada Bus Trans Jatim koridor selanjutnya. Koridor 2 rute Surabaya-Mojokerto, koridor 3 Pasuruan- Surabaya dan koridor 4 Malang-Surabaya. (OL-15)

Baca Juga

MI/YOSEPH PENCAWAN

Berjuang Demi Warga Difabel dengan Kas Tipis

👤Yoseph Pencawan 🕔Sabtu 24 September 2022, 23:40 WIB
Sebagian besar dari siswa di kedua SLB tersebut berasal dari luar Kota Medan dan tinggal di panti asuhan milik...
dok.ant

Kualitas Air Sungai di Kota Yogyakarta Turun Imbas Sampah

👤Ardi T Hardi 🕔Sabtu 24 September 2022, 22:06 WIB
DLH Kota Yogyakarta mencatat, dari hasil pemantauan, Indeks Kualitas Air (IKA) di tahun 2022 mencapai 38,42 persen, lebih rendah...
MI/BAYU ANGGORO

Jabar Quick Response Gelar Kompetisi SAR Sungai

👤Bayu Anggoro 🕔Sabtu 24 September 2022, 22:05 WIB
Pemerintah Provinsi Jawa Barat memberikan perhatian khusus kepada mitigasi kebencanaan melalui inovasi dengan cara-cara yang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya