Minggu 14 Agustus 2022, 14:57 WIB

Tradisi Kirab Budaya Jadi Upaya Geliatkan Desa Wisata di Kudus

Jamaah | Nusantara
Tradisi Kirab Budaya Jadi Upaya Geliatkan Desa Wisata di Kudus

MI/Jamaah
Tradisi kirab budaya mengarak gunungan hasil bumi di Desa Karangrowo, Kecamatan Undaan, Kudus, Sabtu (13/8/2022).

 

TRADISI kirab gunungan hasil bumi kembali digelar masyarakat Desa Karangrowo, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus, setelah dua tahun tak dapat gelar tradisi tersebut karena pandemi Covid-19. Masyarakat antusias menyambut belasan gunungan hasil bumi di arak keliling kampung pada Sabtu, menambah semarak desa wisata Karangrowo agar semakin bergeliat.

Dihadiri Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kudus Mutrikah, dihadapan warga pihaknya mengapresiasi kegiatan masyarakat dengan terus melestarikan budaya kirab gunungan hasil bumi. Sebagai desa wisata, pihaknya meminta dalam momen kali ini berbagai potensi desa tersebut dapat ditingkatkan agar dapat bermanfaat untuk masyarakat setempat.

"Kirab budaya kembali digelar semoga mengawali bangkitnya geliat budaya dan pariwisata di Kudus. Semoga hasil bumi kali ini menjadi berkah tersendiri bagi masyarakat Desa Karangrowo," kata Mutrikah, Sabtu (13/8/2022).

Turut dihadiri perwakilan kelompok masyarakat setempat dari sedulur sikep atau penghayat kepercayaan samin, Mutrikah berharap melalui tradisi kirab budaya kali ini memunculkan potensi wisata budaya agar terus dilestarikan. Selain itu Mutrikah berharap masyarakat dapat menggali ekonomi kreatif masyarakat untuk dikembangkan.

"Ini ekonomi kreatif di Desa Karangrowo juga harus dikembangkan. Banyak potensi cukup besar yang menjadi daya tarik masyarakat luas disini," jelasnya.

Sementara Kepala Desa Heri Darwanto mengaku senang pada sejak tahun 2021 telah dipercaya Pemerintah Kabupaten Kudus menjadi rintisan desa wisata. Melalui bangkitnya dari pandemi Covid-19, tradisi budaya kirab yang rutin digelar kali ini dapat membangkitkan berbagai potensi masyarakat untuk dapat dikembangkan.

"Kedepan kami akan mengembangkan potensi ekonomi kreatif yang ada. Nantinya kami akan menggelar pameran-pameran yang ada dari potensi masyarakat, salah satunya seperti yang ada dikirab berupa ikan air tawar dan berbagai olahanhasil bumi," ujar Heri.

Sementara menurut salah satu warga mengaku senang kini desanya kembali menggelar kirab budaya dan juga haul mbah Buyut Sipah Raden Ronggo Joyo yang merupakan salah satu cikal bakal Desa Karangowo. Warga berharap melalui pencangan desa wisata nantinya akan terus bergeliat berbagai
potensi desanya agar semakin dikenal dengan beragam potensi.

"Kami masyarakat senang kembali digelarnya kirab budaya seperti ini. Kami dukung siap dukung berbagai program pemerintah untuk desa kami." terangnya. (OL-13)

Baca Juga

DOK MI.

Seorang Anak di Cianjur Meninggal dengan Indikasi Suspek Difteri

👤Benny Bastiandy 🕔Minggu 25 September 2022, 14:45 WIB
Seorang anak warga Desa Cibiuk Kecamatan Ciranjang Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, meninggal dunia, dengan indikasi suspek...
DOK Tagana Pamijahan.

Jalan Utama Kecamatan Bantarkalong Menuju Culamega Tertutup Longsor

👤Kristiadi 🕔Minggu 25 September 2022, 14:30 WIB
Kepala Desa Pamijahan, Bantarkalong, Ipin Aripin, mengatakan hujan deras yang terjadi semalam menyebabkan suatu tebing longsor menimbun...
Ist

Finis Friendship Run Medan, Ganjar Terima Kalungan Kain Ulos dari Warga

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 25 September 2022, 13:39 WIB
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo tersenyum lebar sembari mengangkat kain ulos saat memasuki garis finis Bank Jateng Friendship Run...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya