Kamis 11 Agustus 2022, 16:34 WIB

Sepanjang 2022, 990 Kasus DBD Berjadi Di Babel

Rendy Ferdiansyah | Nusantara
Sepanjang 2022, 990 Kasus DBD Berjadi Di Babel

DOK MI
Ilustrasi

 

SEPANJANG Januari hingga Juni 2022, jumlah orang yang terjangkit demam berdarah dengue (DBD) di Bangka Belitung (Babel) mencapai 990 orang. Dari 990 kasus itu, 11 diantaranya berakhir dengan kematian meninggal.

Hal itu diungkapkan Kepala Seksi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Evalusi, Kamis (11/8).

valusi menyatakan pencegahan terbaik DBD adalah dengan menjaga kebersihan dan menghilangkan jentik nyamuk. "Jadi, untuk menghindari serangan DBD, disarankan agar setiap warga melakukan 3M plus yang sebenarnya sangat sederhana," ujarnya.

Pertama, ia menyebutkan menguras atau membersihkan tempat yang sering  dijadikan penampungan air, seperti bak mandi, ember, dan lain-lain. Kedua, menutup rapat tempat-tempat yang dapat menampung air, seperti  kendi, vas, toren air dan lain-lain. Ketiga, mendaur ulang barang bekas yang berpotensi menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk.

Menanggapi hal tersebut penjabat (Pj) Gubernur Bangka Belitung,  Ridwan Djamaluddin, mengatakan, Pemprov menyoroti dan fokus dalam penanganan masifnya penyebaran kasus DBD. "Masalah DBD ini menjadi perhatian kita, saya sudah bicarakan dengan  kepala dinas kesehatannya dalam rakor teknis," kata Ridwan.

Menurutnya pemerintah daerah sudah memberikan perhatian yang baik dalam hal mengatasi DBD di daerahnya. "Tadi dari Pak Bupati Bangka Barat, hari ini sedang ada kegiatan khusus untuk menangani demam berdarah di Bangka Barat. Jadi perhatian pemerintah cukup baik," ungkap dia. (OL-15)

Baca Juga

dok.ist

Plt Ketum PPP Sowan ke Ponpes Babussalam Pekanbaru

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 02 Oktober 2022, 12:10 WIB
Plt Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Muhammad Mardiono bersilaturahmi ke Pondok Pesantren (Ponpes) Babussalam, Pekanbaru,...
Ist

Suntory dan Kemendikbud-Ristek Resmikan Pusat Pelatihan Guru

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 02 Oktober 2022, 11:29 WIB
Suntory membangun Teachers Training Center untuk mendukung pembelajaran ramah anak di Palu, Sulawesi...
MI/Denny S

Tidak bawa Kebaikan, Masyarakat Adat dan 30-an Ormas Sipil Tolak Geopark Meratus

👤Denny Susanto 🕔Minggu 02 Oktober 2022, 11:25 WIB
MASYARAKAT adat pegunungan Meratus dan puluhan organisasi masyarakat sipil di Kalimantan Selatan menolak keberadaan Geopark Nasional...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya