Rabu 10 Agustus 2022, 20:13 WIB

Gula Kelapa Organik Asal Purbalingga Diekspor di Malaysia

Lilik Darmawan | Nusantara
Gula Kelapa Organik Asal Purbalingga Diekspor di Malaysia

DOK Pemkab Purbalingga.
Pelepasan ekspor gula kelapa organik dari Purbalingga ke Malaysia, Rabu (10/8).

 

GULA kelapa organik asal Purbalingga, Jawa Tengah (Jateng) diekspor ke Malaysia dan diberangkatkan, Rabu (10/8). Eksportir adalah kerjasama antara CV Bunga Palm Purbalingga kolaborasi dengan CV Maras Bekasi.

Kedua unit usaha itu bekerja sama untuk mengekspor gula kelapa organik berbentuk Coconut Sugar Block ke Malaysia. Ekspor dilepas secara simbolis dengan memecah kendi oleh Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi.

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi mengatakan ekspor ini menjadi penyemangat bagi eksportir lain di Purbalingga. Hal ini sekaligus menunjukan bahwa ekonomi Purbalingga kembali menggeliat saat pandemi Covid-19 melandai.

"Tentunya dengan pandemi Covid-19 yang mulai melandai kita bersyukur karena demand-demand gula kelapa organik ini mulai banyak dari berbagai negara," ujar Bupati.

Gula kelapa organik yang diekspor kali ini sejumlah 20 ton atau senilai kurang lebih Rp500 juta. Produk tersebut eluruhnya diambil dari penderes di Desa Bumisari, Kecamatan Bojongsari.

Bupati berharap ke depan akan ada keberlanjutan dan diikuti permintaan-permintaan selanjutnya. Kegiatan ekspor seperti ini menurutnya harus terus didorong karena keuntungannya juga akan ikut dirasakan para penderes.

"Purbalingga memiliki kemampuan produksi gula kelapa sebanyak 9000-10.000 ton per tahun. Jadi bisa kita lihat, Purbalingga memiliki sekitar 5 ribu hektare lebih lahan tanaman kelapa dan ada 11 ribu lebih penderes," ujarnya.

Direktur CV Bunga Palm Gunarto mengaku bangga karena gula kelapa Purbalingga memiliki beberapa kelebihan. Diantaranya lebih lezat, lebih harum dan glycemic index rendah. "Kita mengolahnya menjadi gula block, gula kristal, nektar, dan kita juga akan kembangkan menjadi kecap asin bisa langsung dikonsumsi," ujarnya.

Pihaknya juga telah mengekspor gula kelapa organik ini ke berbagai negara, di antaranya Amerika Serikat, Malaysia, dan Uni Emirat Arab. Kapasitas produksi bisa menjual 400 ton per bulan dengan  memberdayakan 450 penderes dari Purbalingga sebagai mitra binaan. (OL-15)

Baca Juga

DOK Sinar Mas Land.

Digital Hub Gandeng Lima Universitas di Pulau Sumatra  

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 29 September 2022, 23:57 WIB
Kali ini, perusahaan kembali menggelar acara tersebut dengan nama baru yakni DNA Goes to Campus yang hadir untuk memberikan edukasi seputar...
DOK.MI

Tim SAR Temukan WNA asal Jerman Terseret Ombak di Pantai Seminyak

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 29 September 2022, 23:35 WIB
Awalnya korban bersama empat temannya Suen Julian, Hana Saves, Eiwert Laura Marie, dan Lappe Theresa yang juga sama-sama dari Jerman...
ANTARA/Aswaddy Hamid

Imigrasi Pekanbaru Amankan 75 WN Bangladesh

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 29 September 2022, 23:27 WIB
Pengamanan WN Bangladesh tersebut diduga akibat penyalahgunaan izin tinggal, kata Kakanwil Kemenkumham...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya