Kamis 04 Agustus 2022, 17:20 WIB

Pemprov Jateng Terus Pantau Pasien Bergejala Cacar Monyet

Akhmad Safuan | Nusantara
Pemprov Jateng Terus Pantau Pasien Bergejala Cacar Monyet

MI/HARYANTO
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menggelar konferensi pers di Kantor Gubernur, Semarang, Rabu (3/8).

 

KASUS gejala atau suspek cacar monyet (monkeypox) di Jawa Tengah terus dipantau. Seorang pria 55 tahun yang saat ini sedang menjalani isolasi di sebuah rumah sakit swasta tersebut dipastikan tidak mempunyai riwayat ke luar negeri.

"Kita masih terus pantau terhadap pasien mempunyai gejala cacar monyet tersebut sembari menunggu hasil uji laboratorium,"kata Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kepada Media Indonesia di Semarang, Kamis (4/8).

Tidak hanya memantau pasien, lanjut Ganjar, untuk mengantisipasi terjadinya penyebaran yang dimungkinkan terjadi, tim medis dari rumah sakit tempat pasien tersebut dirawat dan Dinas Kesehatan Provinsi Jateng juga melakukan tracing karena gejala mirip dengan cacar monyet tersebut.


Baca juga: Ini Alasan Nelayan Kampung Solo Pangkep Dukung Ganjar


Berdasarkan informasi sementara, Gubernur mengatakan, pasien suspek cacar monyet tersebut tidak mempunyai riwayat ke luar negeri, sehingga penyebab munculnya kasus ini juga masih dalam penelusuran. "Semoga bukan cacar monyet seperti yang dikhawatirkan," tambahnya.

Sebelumnya kasus dugaan cacar monyet, kata Ganjar, juga terjadi di Jawa Tengah. Namun setelah dilakukan perawatan, tracing, dan uji
laboratorium, hasilnya negatif. Dan sekarang kembali muncul kasus yang hampir sama.

Gubernur juga meminta warga tidak perlu panik menghadapi persoalan ini, tetapi sebagai antisipasi diminta tetap waspada dan menerapkan pola hidup sehat serta disiplin menjalankan protokol kesehatan.

"Jika ada yang merasa bergejala segera periksa ke dokter atau rumah sakit terdekat agar dapat ditangani cepat," tambahnya. (OL-16)

Baca Juga

dok.ist

Plt Ketum PPP Sowan ke Ponpes Babussalam Pekanbaru

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 02 Oktober 2022, 12:10 WIB
Plt Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Muhammad Mardiono bersilaturahmi ke Pondok Pesantren (Ponpes) Babussalam, Pekanbaru,...
Ist

Suntory dan Kemendikbud-Ristek Resmikan Pusat Pelatihan Guru

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 02 Oktober 2022, 11:29 WIB
Suntory membangun Teachers Training Center untuk mendukung pembelajaran ramah anak di Palu, Sulawesi...
MI/Denny S

Tidak bawa Kebaikan, Masyarakat Adat dan 30-an Ormas Sipil Tolak Geopark Meratus

👤Denny Susanto 🕔Minggu 02 Oktober 2022, 11:25 WIB
MASYARAKAT adat pegunungan Meratus dan puluhan organisasi masyarakat sipil di Kalimantan Selatan menolak keberadaan Geopark Nasional...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya