Rabu 27 Juli 2022, 08:36 WIB

Jawa Tengah Kini menjadi Primadona Investor Dunia

Haryanto | Nusantara
Jawa Tengah Kini menjadi Primadona Investor Dunia

dok.Pemprov Jateng
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, saat menerima kunjungan John Chen dari Kantor Perwakilan Ekonomi dan Perdagangan Taiwan di Ruang Kerja

 

PROVINSI Jawa Tengah semakin menjadi tujuan utama para pengusaha dari luar negeri untuk berinvestasi. Kali ini, pengusaha tekstil dari Taiwan berbondong-bondong ke Jawa Tengah untuk membangun berbagai macam bisnis.

Hal itu diungkapkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, saat menerima kunjungan John Chen dari Kantor Perwakilan Ekonomi dan Perdagangan Taiwan di Ruang Kerja Gubernur Jawa Tengah, Semarang.

Ganjar menyebutkan, iklim investasi yang kondusif dan kemudahan pelayanan berinvestasi di Jawa Tengah menjadi alasan para investor tertarik dan berdatangan ke Jawa Tengah.

"Saya senang delegasi dagang dari Taiwan ini mengapresiasi kondusifitas dan relasi bisnis antara investor dengan pemerintah, buruh dan pengusaha yang bisa mendorong orang nyaman berinvestasi," ujar Ganjar, kemarin.

Perusahaan besar Taiwan yang akan berinvestasi di Jawa Tengah antara lain Pou Chen Group, Hon Hai Technology Group dan Lai Yih Group. Pou Chen adalah salah satu perusahaan alas kaki terbesar di dunia yang memproduksi sepatu Puma dan Asics.

Ganjar mengatakan, perushaan besar ini nantinya akan berbisnis di kawasan industri primadona Jawa Tengah seperti Kawasan Industri Kendal, BSB Industrial Park Semarang dan Kawasan Industri Terpadu Batang.

"Kami menyambut baik agar nanti seluruh delegasi bisa komunikasi dengan dinas penanaman modal agar bisa mendapatkan pelayanan yang baik juga," kata Ganjar.

Perlu diketahui, sejak tahun 1990 silam, Taiwan selalu memprioritaskan Jawa Tengah sebagai provinsi untuk berinvestasi daripada provinsi lain. Hal itu disampaikan John Chen, selaku Kepala Kantor Ekonomi Perdagangan Taiwan.

Chen menilai, iklim investasi Jawa Tengah dibawah kepemimpinan Ganjar selalu menjanjikan dan lebih terjamin. Sebab, banyak kebijakan investasi yang dikeluarkan Ganjar untuk memanjakan para investor.

"Dari kantor kami selalu berkomunikasi erat dengan pengusaha-pengusaha Taiwan karena kami percaya dibawah kepemimpinan Pak Ganjar semuanya akan lebih baik dan lebih lancar untuk berinvestasi di sini," ucap Chen.

Tak hanya itu, lanjut Chen, pihaknya juga menyiapkan program pelatihan khusus untuk meningkatkan kualitas SDM Jawa Tengah. Tujuannya, agar banyak SDM dari Jawa Tengah yang menjadi tenaga kerja berkualitas di Taiwan.

"Dan sebelumnya kebanyak industri yang berinvestasi di sini adalah industri manufaktur tradisional seperti tekstil. Tapi ke depannya akan lebih banyak industri modern seperi teknologi elektronik yang akan ke Jawa Tengah," ungkap Chen. (OL-13)

Baca Juga: KADIN Ingin Tingkatkan Partisipasi Pelaku UMKM Perempuan di Sumatera Utara

Baca Juga

MI/Sumaryanto Bronto

Pemprov NTT Tunda Kenaikan Tarif ke Komodo dan Padar

👤Palce Amalo 🕔Senin 08 Agustus 2022, 10:16 WIB
Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menunda penerapan tarif masuk ke Pulau Padar dan Pulau Komodo sebesar Rp3.750.000 per...
Ist

Turunkan Angka Stunting, Pemkot Tomohon Optimalisasi Peran Nakes

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 08 Agustus 2022, 07:37 WIB
Prevalensi nagka stunting Kota Tomohon sendiri berada di angka 18,3%. Secara nasional, pemerintah menentukan target prevalensi...
MI/HO

Ulama di Cirebon Doakan Ganjar Pranowo

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 08 Agustus 2022, 03:02 WIB
ribuan orang yang hadir juga memanjatkan doa dipimpin oleh Kyai Abdul Munif untuk Ganjar Pranowo serta harapannya bagi Indonesia yang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya