Selasa 26 Juli 2022, 18:54 WIB

Komunitas Pembatik Cilik Pandak dan Gedangsari Pamerkan Hasil Karya

Mediaindonesia.com | Nusantara
Komunitas Pembatik Cilik Pandak dan Gedangsari Pamerkan Hasil Karya

DOK YPA-MDR.
Komunitas Pembatik Cilik wilayah Pandak dan Gedangsari memamerkan hasil karya batik tulis.

 

SEREMONI Ekspor Desa Sejahtera Astra Klaster Kriya 2022 berlangsung di Wanawisata Hutan Pinus, Mangunan, Bantul, Selasa (26/7). Yang menarik, para siswa binaan yang tergabung dalam Komunitas Pembatik Cilik wilayah Pandak dan Gedangsari memamerkan hasil karya batik tulis yang diperagakan oleh para finalis peserta Miss Bantul 2022.

Komunitas Pembatik Cilik Kecamatan Pandak, Kabupaten Bantul, dan Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan program yang dinisiasi PT Astra International Tbk melalui Yayasan Pendidikan Astra-Michael D. Ruslim (YPA-MDR). Komunitas itu menaungi 87 siswa-siswi lintas sekolah binaan YPA-MDR yang memiliki minat dan bakat dalam membatik bertujuan menghasilkan produk batik tulis berkualitas. Semangatnya untuk menciptakan keberlangsungan kecakapan hidup dan melestarikan budaya batik khas daerah setempat.

Ketua Pengurus YPA-MDR, Herawati Prasetyo, mengatakan pihaknya memulai melakukan pembinaan pilar kecakapan hidup membatik untuk guru-guru dan siswa-siswi di Kecamatan Gedangsari Kabupaten Gunungkidul dan Kecamatan Pandak Kabupaten Bantul DI Yogyakarta sejak 2007-2008. "Melalui pembentukan Komunitas Pembatik Cilik Pandak, YPA-MDR senantiasa berkontribusi terhadap peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) di wilayah prasejahtera," ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (26/7). 

Pihaknya berharap bahwa siswa tidak hanya cerdas secara akademis, tetapi juga dapat terus mengasah kecakapan hidup serta kepercayaan diri. Ini diharapkan dapat menjadi bekal bermanfaat untuk masa depan mereka dan memberikan dampak positif terhadap kemajuan daerahnya. 

Program pembinaan pilar kecakapan hidup itu menjadi bentuk nyata dukungan YPA-MDR untuk tercapainya Sustainable Development Goals (SDGs) di Indonesia dalam mewujudkan pendidikan berkualitas. (OL-14)

Baca Juga

Ant/Ernes Broning Kakisina

Pemkot Sorong Resmikan Stadion Mini Berstandar internasional

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 07:34 WIB
WALI Kota Sorong Lambert Jitmau, Senin, meresmikan stadion sepakbola mini dengan desain lapangan berstandar...
ANTARA FOTO/Reno Esnir

Dewa Meriahkan Perayaan HUT ke-77 Jawa Barat

👤Bayu Anggoro 🕔Senin 15 Agustus 2022, 22:55 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang menginginkan perayaan ini dirasakan oleh seluruh...
MI/SUSANTO

PT Jaswita Jabar Gandeng Perbankan Siapkan Pembiayaan bagi Jemaah Umrah

👤Bayu Anggoro 🕔Senin 15 Agustus 2022, 22:50 WIB
Pada tahun ini Jaswita jabar menargetkan bisa memberangkatkan hingga 8.000 jamaah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya