Minggu 17 Juli 2022, 18:25 WIB

Menyibak Rahasia Kulit Sehat sesuai Konsep Karnus dan FSL

Mediaindonesia.com | Nusantara
Menyibak Rahasia Kulit Sehat sesuai Konsep Karnus dan FSL

Dok.Konsep Karnus/FSL
Penyerahan secara simbolis sebagai apresiasi diadakannya seminar Understanding Health Skin & Halal Bovine Collagen as Nutrition.

 

MEMILIKI kulit sehat tentu menjadi impian semua orang, terutama kaum perempuan. Bahkan berbagai cara rela ditempuh sebaian kaum Hawa untuk mendapatkan wajah cantik. Namun apakah wajah cantik juga bersamaan dengan kulit sehat.

Pendapat masyarakat tentang standar kecantikan, bahwa cantik itu harus putih, glowing, memiliki hidung yang mancung dan lain sebagainya, membuat sebagian masyarakat berusaha memenuhi standar kecantikan tersebut. Sehingga, para penggiat usaha di bidang kecantikan melihat hal ini sebagai peluang. Mulai dari produk kecantikan hingga trend-trend kecantikan dari yang aman hingga yang menyesatkan beredar luas di Indonesia.

Baca juga: Bantu Lindungi Kulit Perempuan Indonesia, Celebon Hadirkan ...

Ironisnya sebagian besar masyarakat umumnya mengenyampingkan kondisi kulit sehat dalam jangka panjang karena mereka lebih memilih hasil secara instan. Padahal untuk mendapat kulit cantik namun tetap sehat alami tidak bisa didapat secara instan dan tanpa ilmu pengetahuan yang mendalam. Demikian benang merah dalam seminar berjudul Understanding Healthy Skin and Halal Bovine Collagen as Nutrition di Hotel Luminor Sidoarjo, Jawa Timur pada Minggu (17/7).

Seminar yang dihadiri ratusan dokter kecantikan dari berbagai macam daerah itu yang mendatangkan sejumlah narasumber yakni founder Konsep Karnus sekaligus founder brand produk perawatan kulit FSL , Iwan Benny Purwowidodo,  dr. Edy Subagiyo MR, CI, CMM, NLP dan Ketua KOWADIK (Komunitas Warung Dokter Cantik) Jawa Timur, dr. Haryo Hadiathmo.

Dalam seminar itu Iwan Benny Purwowidodo menyampaikan Konsep Karnus yang memandang kulit  indah adalah manifestasi dari sel kulit sehat. Semua kulit itu, kata dia indah asal kulit itu sehat. Untuk membentuk kulit sehat, seluruh kebutuhan sel kulit harus terpenuhi mulai dari nutrisi utama (pembentuk energi) hingga nutrisi essensial (nutrisi mikro yang tidak bisa dibuat oleh sel dari nutrisi utama). Nutrisi utama sel kulit adalah asam amino glukosa, asam lemak, kolesterol dan air. Sedangkan nutrisi essensial sel kulit adalah: vitamin (Vit A, B, C dan D) dan antioksidan.

“Dalam Konsep Karnus strategi utama untuk menghasilkan kulit indah adalah mengutamakan pemenuhan nutrisi sel kulit dari dua arah yaitu dari dalam tubuh dan dari luar tubuh secara simultan serta terhindar dari bahan-bahan berbahaya bagi sel kulit”, kata Iwan.

dr. Edy Subagiyo MR, CI, CMM, NLP menyampaikan kolagen merupakan protein alami yang diproduksi oleh tubuh. Contohnya  terdapat di kulit, tulang, rambut, dan lain sebagainya. Kolagen juga diproduksi oleh tubuh kita, namun dengan bertambahnya usia dan akibat radikal bebas seperti polusi, asap rokok, alkohol, dan beberapa jenis zat adiktif menyebabkan produksi kolagen menurun. Sehingga kondisi kulit menjadi lebih tipis, tingkat elastisitas berkurang atau kulit tidak kencang dan kulit jadi mudah rusak. Untuk itu perlu ada asupan kolagen dari luar untuk memenuhi kebutuhan harian.

Baca juga: Merek Lokal Baru untuk Perawatan Kulit Siap Rambah Mancanegara

Ia menyebutkan manfaat kolagen dapat melembabkan kulit karena mengandung asam amino dan vitamin, selain dapat melambabkan, kolagen juga dapat menghaluskan kulit. Kolagen yang paling dekat karakteristiknya dengan manusia adalah kolagen babi, disusul dengan kolagen sapi dan terakhir adalah kolagen ikan.

"Seperti yang kita tahu kolagen dari babi tidak ramah untuk dikonsumsi oleh semua kalangan. Maka dari itu, kolagen yang terbaik dan aman untuk dikonsumsi semua kalangan adalah kolagen sapi atau bovine collagen," ujarnya.
 
Pada seminar ini narasumber juga menjelaskan di era modern saat ini, banyak sekali yang mengatasnamakan skincare namun tidak sesuai dengan definisi skincare (merawat kulit). Standar kecantikan masyarakat yang menyatakan bahwa cantik itu putih yang pada akhirnya banyak produk skincare yang berusaha untuk memutihkan kulit para wanita.

Padahal, produk whitening bekerja dengan mematikan pigmen melanin pada kulit yang pada hakikatnya pigmen melanin berfungsi melindungi kulit dari kerusakan yang diakibatkan sinar matahari. Tentu saja, dalam jangka panjang, penggunaan skincare yang mengandung whitening ini akan menyebabkan kanker.

Seminar ini diakhiri dengan kunjungan peserta menuju pabrik kolagen sapi halal pertama dan satu-satunya di Asia Tenggara yang berada di Pandaan, Pasuruan Jawa Timur. Ratusan dokter dipersilahkan menyaksikan produksi kolagen sapi secara langsung.

Iwan Benny Purwowidodo selaku direktur pabrik kolagen sapi menyampaikan tantangan utama pembuatan pabrik kolagen sapi ini berupa teknologi produksi kolagen, pabrik kolagen yang bersumber dari tulang hewan membutuhkan iklim yang dingin, karena untuk mengambil kalsium fosfat dari tulang harus direndam dengan asam selama setengah bulan. Hal tersebut hampir mustahil dilakukan di Indonesia.

Oleh karena itu, dilakukan research secara mendalam, sehingga akhirnya berhasil membuat teknologi proses pengambilan mineral dari 15 hari menjadi 2 jam. Semua mesin dalam pabrik kolagen sapi pertama dan satu-satunya di Asia Tenggara ini dibuat sendiri. Iwan Benny Purwowidodo menambahkan sejak tahun 2006 sampai saat ini tahun 2022 pabrik ini menjadi pabrik kolagen sapi halal pertama dan satu-satunya di Asia Tenggara. (RO/A-1)

Baca Juga

DOK/PHI GROUP

Pelangi Hotel Internasional Kelola Taman Wisata Air Krakatau Kahai Beach Lampung

👤Media Indonesia 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 12:45 WIB
Hotel dan permainan air ini memiliki lokasi yang sangat strategis, karena berada di pinggir pantai, dengan pemandangan laut...
dok.ist

Meriahkan HUT RI, Relawan Des Ganjar Gaungkan Nilai Patriotisme dan Cinta Tanah Air

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 09:31 WIB
JARINGAN relawan Des Ganjar Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, memperingati HUT ke-77 RI dengan menggelar beragam perlombaan yang sangat...
Antara

Cegah Penyebaran PMK, Boyolali Perpanjang Penutupan Lima Pasar Hewan

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 09:27 WIB
Pemerintah Kabupaten Boyolali di Provinsi Jawa Tengah masih memperpanjang waktu penutupan lima pasar...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya