Jumat 15 Juli 2022, 16:00 WIB

Karang Taruna dan Bhabinkamtibmas Pesawaran Mendapat Pelatihan Jurnalistik 

Gana Buana | Nusantara
Karang Taruna dan Bhabinkamtibmas Pesawaran Mendapat Pelatihan Jurnalistik 

DOK IST
Wartawan Muda Reporter di Sanggar Kreasi Bersama (SKB) Pesawaran Maestro Class, Desa Wiyono, Kabupaten Pesawaran, Lampung.

 

PLATFORM pelatihan online kekinian Cybers Academy memberikan pelatihan jurnalistik kepada karang taruna dan personel Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) Polres Pesawaran, Provinsi Lampung, Kamis (14/7). Kegiatan yang disebut ‘Wartawan Muda Reporter’ ini berlangsung di Sanggar Kreasi Bersama (SKB) Pesawaran Maestro Class, Desa Wiyono, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung.

Ketua Tim Percepatan Pembangunan SDM Talenta Digital Kabupaten Pesawaran Dedi Yudianto mengatakan, kegiatan ini adalah salah satu pelatihan yang disediakan Cybers Academy agar peserta mengenal ranah jurnalistik. Pelatihan jurnalistik ini digelar Cybers Academy bekerja sama dengan Serikat Pers Republik Indonesia (SPRI).

"Ini juga sebagai wadah fasilitasi pemanfaatan teknologi digital dan internet dalam pengembangan potensi desa, pemasaran, percepatan akses serta pelayanan informasi guna membangun usaha mikro dan lapangan pekerjaan di desa," kata Dedi dalam keterangan resmi yang diterima, Jumat (15/7). 

Dedi mengatakan, pihaknya akan banyak melakukan kegiatan di Pesawaran, baik secara fisik maupun secara digital, dengan memanfaatkan Warkop Digital sebagai lokasi pemberdayaan Babinkanntibmas dan para pemuda-pemudi. Para peserta yang selesai mengikuti tahapan pelatihan dari Cybers Academy ini kemudian akan diakomodir menjadi kontributor media online besutan kolaborasi antara Polres Pesawaran, Pemerintah Lampung dan Cyber Academy, Guetilang.com.

“Setelah dianggap cukup berpengalaman menulis berita di media Guetilang.com, mereka akan diikutsertakan dalam pelaksanaan Sertifikasi Profesi Wartawan melalui LSP Pers Indonesia yang berlisensi BNSP,” jelas dia.

Pembina Media Online Guetilang.com Irjen Eko Budi Sampurno menyampaikan, Guetilang.com nantinya akan menjadi sarana bagi para jebolan peserta pelatihan wartawan dari Bhabinkamtibmas untuk menjalankan praktik jurnalistik di media ini sebagai kontributor.

Baca juga:  Angka Kemiskinan di Lampung Mengalami Penurunan

Menurutnya, media Guetilang.com akan memberi ruang yang seluas-luasnya bagi citizen jurnalism atau jurnalisme warga untuk menyampaikan aspirasi atau suara rakyat melalui media ini. Para Bhabinkamtibmas yang dilatih sebagai wartawan nantinya akan menjadi pembina bagi warga masyarakat di tingkat terkecil yang tertarik untuk menjalankan praktek citizen jurnalism melalui media resmi.

"Kita akan menjadikan Pesawaran sebagai pilot project kegiatan ini dan ini kegiatan baru pertama kali di Indonesia," kata Eko.

Eko mengatakan, acara ini telah menggabungkan tiga kegiatan yang ada di Warung Kopi Digital (Warkop Digital). Selain sebagai wadah pelatihan jurnalistik bagi masyarakat, kegiatan ini diharapkan bisa mempromosikan daerah dan meningkatkan taraf hidup masyarakat di Kabupaten Pesawaran.

"Insya Allah nanti akan digetok tularkan ke seluruh Indonesia, hanya milestone-nya dimulai dari Pesawaran," kata Eko.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona mengaku senang daerahnya menjadi pilot project dan prototipe pelaksanaan pengembangan SDM Digital oleh Cybers Academy. Kegiatan ini bekerja sama dengan Polres Pesawaran untuk melatih para Bhabinkamtibmas memahami praktik jurnalistik.

"Saya sangat mendukung program pelatihan citizen journalism di Kabupaten Pesawaran, di mana program ini terkait tentang pemanfaatan teknologi dan informatika dalam rangka untuk membiasakan masyarakat sadar bahwa IT," kata Dendi.

Cybers Academy adalah platform e-learning kekinian yang menyediakan pelatihan dengan metode pembelajaran aplikatif yang dibawakan oleh pendidik berkualitas dan berpengalaman. Cybers Academy menyediakan 77 pelatihan dengan materi yang unik dan durasi yang pendek, tetapi mudah diaplikasikan. 

Selain itu, pelatihan-pelatihan yang ditawarkan Cybers Academy ini bukan sekadar pelatihan biasa. Pelatihan Cybers Academy tidak ada di pendidikan formal, namun sangat berguna bagi dunia kerja, sebut saja pelatihan tentang teknologi Blockchain atau investasi aset Crypto dan NFT, hingga barista dan bisnis kopi kekinian, selain teknisi jaringan internet dan teknisi digital yang benar-benar dibutuhkan industri Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) dan industri digital lainnya. (R-3)

Baca Juga

MI/Jamaah

Tradisi Buka Luwur Sunan Kudus, Ribuan Warga Berburu Nasi Jangrik

👤Jamaah 🕔Senin 08 Agustus 2022, 12:16 WIB
Nasi jangkrik merupakan nasi yang dibungkus memakai daun jati dengan lauk daging kerbau atau...
Dok. Bluebird

Bluebird-BIMC Hospital Bali Gelar Pelatihan Pertolongan Pertama Pada Pengemudi dan Karyawan

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 08 Agustus 2022, 11:46 WIB
Panca menambahkan, pengemudi sebagai garda terdepan mempunyai tanggung jawab sebagai pemberi pertolongan pertama, mengingat pengemudi...
MI/Sumaryanto Bronto

Pemprov NTT Tunda Kenaikan Tarif ke Komodo dan Padar

👤Palce Amalo 🕔Senin 08 Agustus 2022, 10:16 WIB
Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menunda penerapan tarif masuk ke Pulau Padar dan Pulau Komodo sebesar Rp3.750.000 per...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya