Rabu 13 Juli 2022, 20:23 WIB

Ajang W20, BPODT Tampilkan Pameran Produk Ekonomi Kreatif dan Pariwisata

Apul Iskandar | Nusantara
Ajang W20, BPODT Tampilkan Pameran Produk Ekonomi Kreatif dan Pariwisata

MI/Apul Iskandar.
Konferensi pers di Hotel JW Marriot, Medan Sumatra Utara, Rabu (13/7).

 

MENYAMBUT perhelatan Women 20 (W20) Summit Lake Toba yang akan digelar pekan depan 19-20 Juli 2022, Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) melakukan berbagai persiapan. Untuk mensukseskan perhelatan W20, BPODT akan berkolaborasi dan bekerja sama dengan berbagai pihak termasuk delapan kabupaten di sekitar Kawasan Wisata Danau Toba. 

"Berbagai atraksi dan pameran akan ditampilkan berbagai produk ekonomi kreatif yang akan digelar selama 10 hari yang dimulai dari 15-24 Juli 2022 di Pantai Bebas Parapat," kata Direktur Utama BPODT Jimmy Bernando Panjaitan pada saat konferensi pers di Hotel JW Marriot, Medan Sumatra Utara, Rabu (13/7). Dalam pergelaran W20, BPODT akan memfasilitasi pameran berbagai produk UMKM masyarakat setempat kepada delegasi. 

"Misalnya produk tenun yang menjadi salah satu upaya pemberdayaan perempuan. Dengan demikian, tenun masyarakat lokal dikenal ke mancanegara," jelasnya. 

Selain itu, kata Jimmy, BPODT menggandeng berbagai pihak seperti Bank Indonesia dan PLN serta masih membuka ruang bagi pihak lain untuk berpartisipasi menyukseskan perhelatan W20 tersebut. Melalui momentum W20, dia berharap dapat memperkenalkan potensi ekonomi kreatif dan pariwisata kepada peserta W20 sekaligus mengajak para delegasi melakukan kegiatan pelestarian lingkungan di Danau Toba.

Baca juga: Kota Palembang Terapkan PTM 100 Persen

"Pelestarian lingkungan berkelanjutan seperti penanaman pohon, pelepasan burung, dan bibit ikan," jelasnya. Diharapkan melalui penanaman berbagai jenis pohon ini akan dijadikan Taman W20 Summit Indonesia 2022. 

"Ini bentuk perhatian W20 terhadap kelestarian lingkungan. Pariwisata di Danau Toba tidak bisa dipisahkan dengan lingkungan hidup. Ini menjadi promosi utama kami," tandasnya. (OL-14)

Baca Juga

MI/HO

Ulama di Cirebon Doakan Ganjar Pranowo

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 08 Agustus 2022, 03:02 WIB
ribuan orang yang hadir juga memanjatkan doa dipimpin oleh Kyai Abdul Munif untuk Ganjar Pranowo serta harapannya bagi Indonesia yang...
DOK MI

Siswi SMP Korban Kekerasan Seksual Di Pati Dalam Tahap Pemulihan

👤Widhoroso 🕔Senin 08 Agustus 2022, 00:55 WIB
MENTERI Sosial Tri Rismaharini menyampaikan siswi SMP berinisial N (15 tahun) di RSUD Soewondo, Pati, Jawa Tengah yang menjadi korban...
ANTARA

Sumut Tata Situs Benteng Putri Hijau di Deliserdang

👤Yoseph Pencawan 🕔Senin 08 Agustus 2022, 00:15 WIB
PEMERINTAH Provinsi Sumatera Utara melakukan penataan situs Benteng Putri Hijau sebagai upaya pelestarian cagar budaya dan pengembangan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya