Kamis 30 Juni 2022, 22:41 WIB

Perluas Jasa Uji Kualitas Lingkungan, Mutuagung Lestari Resmikan Laboratorium di Pontianak

Mediaindonesia.com | Nusantara
Perluas Jasa Uji Kualitas Lingkungan, Mutuagung Lestari Resmikan Laboratorium di Pontianak

Dok. Mutuagung Lestari
Peresmian Laboratorium Uji Kualitas Lingkungan Mutuagung Lestari di Pontianak, Kalimantan Barat

 

PERUSAHAAN yang melayani jasa pengujian, inspeksi dan sertifikasi, PT Mutuagung Lestari dengan brand MUTU International, meresmikan cabang laboratorium lingkungan ke-5 di kota Pontianak, Kalimantan Barat, Kamis (30/6). 

Saat ini, PT Mutuagung Lestari memiliki lima cabang laboratorium lingkungan yang berada di Samarinda, Pekanbaru, Pangkalan Bun, Medan dan Pontianak. Selain itu PT Mutuagung Lestari juga akan memperluas laboratorium lingkungan di beberapa daerah lainnya seperti Batam, Makassar, Banjarbaru dan Aceh.

Keberadaan laboratorium lingkungan menjadi gambaran ke depan bahwa prospek pemantauan kualitas lingkungan menjadi suatu mandatori dari pemerintah yang menjadi tanggung jawab bersama dalam suatu pelaksanaan pemantauan, pengendalian dan pencemaran kualitas lingkungan, di mana semua bidang jasa baik pengguna maupun penyedia jasa dalam pemeliharaan lingkungan.

Presiden Direktur PT Mutuagung Lestari Arifin Lambaga mengatakan, pembukaan laboratorium lingkungan di Pontianak karena prospek pasar di daerah Pontianak cukup besar, mulai dari penyedia jasa perkebunan dan industri manufaktur. 

"Selain itu kewajiban dari masing-masing pengguna jasa tersebut untuk melakukan dokumen lingkungan hidup baik ke Kabupaten Kota maupun Propinsi, atau yang lebih jauh adalah penilaian proper bagaimana tiap industri wajib memiliki penilaian secara gambaran lingkungan yang utuh," katanya dalam keterangan tertulis.

Laboratorium lingkungan PT Mutuagung Lestari sebagai penyedia jasa layanan kualitas lingkungan mengedepankan aspek yang bertujuan untuk memenuhi kepuasan pelanggan, meliputi prasarana mulai dari SDM sendiri, ketersedian dari kondisi akomodasi yang ada. 

Beroperasi sejak 1990 di bidang pengujian, inspeksi dan sertifikasi, laboratorium lingkungan PT Mutuagung Lestari sudah terdaftar di Komite Akreditasi Nasional (KAN) dan teregistrasi di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. 

Baca juga : Polda Jambi Tangkap Lima Pelaku Penyimpangan Distribusi BBM Subsidi

Didukung oleh fasilitas laboratorium yang terbagi dalam dua bidang layanan: Laboratorium Uji dan Laboratorium Kalibrasi. Sejak 1997, Laboratorium PT Mutuagung Lestari telah mendapatkan akreditasi ISO/IEC 17025 dari Komite Akreditasi Nasional dengan nomor LP-001-IDN.

“Kita memiliki SDM yang terlatih dan tersertifikasi dari BNSP untuk petugas pengambil contoh air dan petugas pengambil contoh udara dan emisi. Selain itu, kita juga memiliki jaringan di beberapa daerah yang tidak menutup kemungkinan dalam proses pekerjaan pemantauan lingkungan bersinergi satu sama lain dalam melakukan pemantauan di masing-masing titik terdekat dengan kewilayahan laboratorium PT Mutuagung Lestari,” kata Arifin.

Laboratorium lingkungan PT Mutuagung Lestari dalam hal ini pengujian kualitas air di laboratorium PT Mutuagung Lestari Pontianak memiliki peralatan yang cukup memadai. 

Dari sisi pengambilan sample kualitas air, Laboratorium lingkungan PT Mutuagung Lestari memiliki peralatan yang kapasitasnya kepemilikan sendiri dan dilengkapi dengan sertifikat kalibrasi yang menunjang, bahwa ketersediaan alat itu telah memenuhi standar yang diperlukan saat proses pengambilan contoh.

“Untuk proses pengambilan contoh udara dan emisi pada emisi sumber tidak bergerak atau cerobong, kami memiliki peralatan berupa stack gas dan gas analyzer yang mampu mengukur beberapa parameter sesuai dengan regulasi pemerintah yang diacu pada perusahaan-perusahaan yang diperlukan,” tegas Arifin.

“Setiap perusahaan atau laboratorium pasti mengedepankan kepuasan pelanggan menjadi hal yang utama, sehingga dengan diresmikannya laboratorium lingkungan PT Mutuagung Lestari di Pontianak dapat memudahkan para pengguna jasa di area sekitar yang memastikan bahwa contoh uji kualitas lingkungan bagi pengguna jasa memang dapat dikerjakan tanpa melewati batas waktu yang ditentukan sesuai regulasi yang diacu,” tutup Arifin.

Baca Juga

ANTARA FOTO/Reno Esnir

Dewa Meriahkan Perayaan HUT ke-77 Jawa Barat

👤Bayu Anggoro 🕔Senin 15 Agustus 2022, 22:55 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang menginginkan perayaan ini dirasakan oleh seluruh...
MI/SUSANTO

PT Jaswita Jabar Gandeng Perbankan Siapkan Pembiayaan bagi Jemaah Umrah

👤Bayu Anggoro 🕔Senin 15 Agustus 2022, 22:50 WIB
Pada tahun ini Jaswita jabar menargetkan bisa memberangkatkan hingga 8.000 jamaah...
MI/Cri Qanon Ria Dewi

Rayakan HUT RI, Tiga BUMN Gelar Program Bakti BUMN di Lampung

👤Cri Qanon Ria Dewi 🕔Senin 15 Agustus 2022, 21:45 WIB
Ketiga BUMN tersebut adalah PT Telkom, PT Bukit Asam dan PTPN...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya