Rabu 29 Juni 2022, 20:49 WIB

PKK Kabupaten/Kota Di Sumsel Diminta Fokus Turunkan Angka Stunting

Dwi Apriani | Nusantara
PKK Kabupaten/Kota Di Sumsel Diminta Fokus Turunkan Angka Stunting

DOK MI
Ilustrasi

 

KETUA Tim Penggerak (TP) PKK Sumatera Selatan (Sumsel) Febrita Lustia Herman Deru meminta kepada TP PKK di tingkat kabupaten dan kota untuk maksimal menekan angka stunting di daerah masing. Untuk itu, dorongan terus dilakukan TP PKK Sumsel dengan memberikan pembinaan program kerja PKK dan penilaian lomba 10 program pokok PKK.

Menurut dia, PKK merupakan organisasi yang berbeda dengan organisasi lain, yang ada karena didukung langsung oleh pemerintah, sebagai mitra pemerintah, yang diakui dan diback up secara langsung.

"Kita kembali bangkitkan program prioritas yaitu dasawisma karena semasa pandemi sempat tidak begitu aktif, dan kami ingin mengerakkan kembali dengan tujuan menurunkan angka stunting, karena dasawisma merupakan ujung tombak pemerintah dilapangan dalam dalam menurunkan  stunting, jelasnya.

Ia menegaskan, selain program dasawisma yang merupakan ujung tombak pencegahan stunting, tidak kalah penting program-program lain yang sangat perlu di tingkatkan seperti, program Pola Asuh Anak dan Remaja (PAAR), UP2K, pemanfaatan lahan pekarangan dan posyandu.

"Ini semua merupakan upaya dari PKK untuk membantu pemerintah dalam mewujudkan program pemerintah," imbuhnya.

Karena itu, ia mengajak masyarakat untuk  bersama mengawasi dan bekerjasama dengan pemerintah di tingkat kabupaten/kota, tingkat kecamatan dan desa agar bersinergi menciptakan sesuatu yang baik dan bermanfaat bagi masyarakat di wilayah masing-masing.

Sementara itu Ketua TP PKK OKI,  Lindasari  mengapresiasi pembinaan program kerja oleh TP PKK Sumsel. Menurutnya setelah vakum selama hampir 2 tahun, penekanan program kerja pada revitalisasi dasawisma perlu dilakukan.

"Kegiatan rutin mulai dari pokja I hingga pokja IV terlaksana dengan baik, meskipun selama pandemi pelaksanaannya secara online. Pembinaan dan penyuluhan pun kita lakukan melalui zoom meeting sesuai dengan bidang kerja masing-masing," ucapnya.

Selaras dengan TP PKK Sumsel, pihaknya berkomitmen untuk meningkatkan peran strategis PKK dalam mengimplementasikan program pemerintah bagi masyarakat. Dalam kegiatan itu, TP PKK Sumsel menyerahkan bantuan kepada TP PKK kabupaten OKI, berupa bantuan buku hasil Rakernas IX PKK Tahun 2021 untuk PKK kecamatan dan PKK desa.

Bantuan penyuluhan oleh Duta Genre dari BKKBN tentang pencegahan perilaku beresiko remaja, dan kesehatan reproduksi remaja, bantuan buku bacaan untuk menambah koleksi taman bacaan, bantuan bibit tanaman jeruk lemon yang merupakan kerjasama dengan Dinas Perkebunan Sumsel, bantuan tablet FE untuk remaja putri dari Dinkes Sumsel, serta pemeriksaan golongan darah kerjasama dengan PMI Sumsel. (OL-15)

Baca Juga

MI/Supardji R

Jadi Tersangka Kasus Kematian Brigadir J, Rumah RR di Tegal Sepi

👤Supardji Rasban 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 21:10 WIB
Terakhir, Nurwanda melihat RR pulang pada Lebaran lalu. Rumah RR hanya ditempati oleh istri dan...
MI/Supardji Rasban

Rumah RR, Tersangka Kasus Pembunuhan Brigadir J Sepi

👤Supardji Rasban 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 21:10 WIB
POLRI telah menetapkan beberapa tersangka kasus pembunuhan terhadap Brigadir J. Salah satunya adalah Brigadir...
MI/DJOKO SARDJONO

Bupati Klaten Harapkan Masyarakat Pahami Nilai-nilai Pancasila

👤Djoko Sardjono 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 21:00 WIB
Pembangunan karakter bangsa, kini sudah tidak bisa ditawar...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya