Minggu 26 Juni 2022, 17:23 WIB

Ukrida Gandeng Pemda Mahakam Ulu Gelar Seleksi Beasiswa UBN

Mediaindonesia.com | Nusantara
Ukrida Gandeng Pemda Mahakam Ulu Gelar Seleksi Beasiswa UBN

MI/ HO
Kerja sama beasiswa Ukrida Bagimu Negeri

 

PADA 2025, Indonesia diproyeksikan membutuhkan 276.298 lulusan sarjana teknik dan 458.876 lulusan vokasi teknik. Sedangkan ketersediaan untuk S1 diproyeksi hanya berjumlah 27.721 orang dan D3 sebanyak 5.634 orang. 

Artinya, akan ada kekurangan tenaga S1 Teknik sebanyak 248.577 dan D3 Teknik sebanyak 453.243 pada tahun 2025. Hal inilah yang melandasi komitmen Universitas Kristen Krida Wacana (Ukrida) untuk memenuhi penyediaan lulusan sarjana teknik untuk memenuhi kebutuhan pada masa mendatang. 

Sejak 2021, Ukrida meluncurkan program beasiswa Ukrida Bagimu Negeri (UBN) bagi mahasiswa berprestasi unggul yang akan melanjutkan studi di program studi Teknik Elektro, Teknik Sipil, dan Teknik Industri.
 
Seiring dengan komitmen tersebut, Ukrida menjalin kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu, Kalimantan Timur berupa pemberian dukungan pendidikan melalui program beasiswa UBN. 

Kabupaten Mahakam Ulu merupakan kabupaten termuda di Kalimantan Timur yang menjadi tetangga Ibu Kota Nusantara (IKN), yaitu Penajam Paser Utara. 

Adapun kerja sama ini difasilitasi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) setempat dan diberi nama Gerbang Cerdas Mahakam Ulu. 

Sesuai nama program Gerbang Cerdas Mahakam Ulu, maka untuk menuju cerdas akan melalui gerbang yang dalam hal ini adalah seleksi ketat. Untuk 2022 ini dari 79 orang siswa yang mengikuti seleksi, hanya 11 orang siswa SMA dari Mahakam Ulu dinyatakan layak menerima beasiswa penuh. 

Setelah menjalani serangkaian ujian saringan Masuk untuk mengikuti perkuliahan di Ukrida, yaitu dua orang untuk program studi Teknik Elektro, tiga orang untuk program studi Teknik Industri, enam orang untuk program studi Teknik Sipil. 

Sebelumnya sebanyak empat orang siswa lulusan dari SMA di Mahakam Ulu telah menempuh pendidikan di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Ukrida dengan dukungan biaya pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu.
 
Pembukaan program Gerbang Cerdas Mahakam Ulu digelar Rabu (22/6) di Gedung SMP Negeri 01 Long Bagun, Mahakam Ulu, Kalimantan Timur. 

Selanjutnya penyelenggaraan ujian saringan masuk dan wawancara untuk melihat kemampuan kognitif siswa, soft skill, serta minat dan bakat dilaksanakan selama tiga hari, 22-24 Juni 2022. 

Acara diawali dengan penyerahan kalung manik oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Mahakam Ulu Stephanus Madang. Kemudian pemberian gelang manik oleh Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu Bulan Anyek kepada perwakilan dari Ukrida.

Adapun perwakilan dari Ukrida yang menghadiri acara ini, yaituOki Sunardi (Dekan Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer), Fransisca Natalia Widjaja (Kepala Unit Admisi), Sepvani Christiana Muliauwan (Koordinator Operasional Marketing dan Public Relation), dan Martogi Daniel Hutapea (Kepala Unit Pengembangan Kreativitas Mahasiswa).
 
Dalam sambutannya, Bupati Mahakam Ulu Bonifasius Belawan Geh yang diwakili Sekda Stephanus Madang mengapresiasi program beasiswa ini

"Program beasiswa ini diharapkan ikut berkontribusi dalam memajukan Kabupaten Mahakam Ulu melalui pengembangan asset dan pemberdayaan di bidang pendidikan, karena ini menyangkut peningkatan kualitas sumber daya manusia," ujar Stephanus.

Diharapkan, kerja sama dengan Ukrida dapat berlanjut mengingat pembangunan yang berkelanjutan di kabupaten Mahakam Ulu memerlukan para ilmuwan. Menurutnya, pendidikan yang berkualitas dan merata terus dilaksanakan melalui kerja ssama dengan beberapa perguruan tinggi di Indonesia, salah satunya dengan Ukrida. 
 
Sementara itu pimpinan Ukrida mengharapkan melalui program beasiswa semakin mengukuhkan komitmen Ukrida berkontribusi nyata ikut mencerdaskan masyarakat, khususnya Mahakam Ulu. (OL-8) 

Baca Juga

dok.ist

Pujakesuma Nilai Ganjar Konsisten Rawat Seni Budaya Bangsa

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 21:45 WIB
ORGANISASI Pujakesuma menilai Ganjar Pranowo selalu memperhatikan nasib para pelaku seni di wilayahnya dan selalu terbuka dalam diskusi...
dok.Ant

Harga Cabai Rawit Di Bangka Masih Bertengger Rp97 Ribu Perkilo

👤Rendy Ferdiansyah 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 20:57 WIB
HARGA cabai rawit di pulau Bangka Provinsi Bangka Belitung (Babel) masih tergolong tinggi, meski  sudag turun tetap tinggi dibanding...
dok.ist

OMG Jatim Beberkan Alasan Dukung Ganjar Pranowo Presiden 2024

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 20:53 WIB
RIBUAN anak muda  gabungan dari  Kabupaten/ Kota Mojokerto, Kabupaten Gresik, dan Kabupaten Lamongan sepakat ikut serta dalam...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya