Jumat 17 Juni 2022, 06:15 WIB

Tomohon Rentan Bencana Alam, Pemerintah Ingin Antisipatif dan Mitigasi Bencana

Mediaindonesia.com | Nusantara
Tomohon Rentan Bencana Alam, Pemerintah Ingin Antisipatif dan Mitigasi Bencana

ANTARA FOTO/Andreas Fitri A
Ilustrasi

 

Asisten Administrasi Umum Setda Kota Tomohon, Sulawesi Utara mengatakan, daerah berpenduduk lebih 100 ribu jiwa tersebut rentan bencana alam. "Kita memiliki aktivitas gunung berapi Lokon (1.579 m dpl) dan gunung Mahawu (1.372 m dpl)," ujar Asisten Administrasi Umum Setda Kota Tomohon, Octavianus DS. Mandagi di Tomohon, Kamis (16/6).

Selain itu, keadaan tanah yang kurang stabil dapat memicu longsor, pohon tumbang, kelalaian atau kerusakan aliran listrik dan bencana lainnya yang tidak terduga seperti bencana nonalam Covid-19.

Kondisi seperti ini, menurut dia, berbeda dengan daerah lain yang memiliki laut atau pantai, sehingga potensi bencana setiap daerah sangat beragam. "Pemerintah memiliki upaya dalam memikirkan, menyiapkan dan mengantisipasi kemungkinan terjadinya bencana alam, aktivitas manusia pemicu bencana dan bencana nonalam," ujarnya.

Karena itu, dia berharap, kegiatan sosialisasi komunikasi, informasi dan edukasi rawan bencana menjadi salah satu upaya memberikan pemahaman bagi perangkat daerah dan masyarakat. "Dari kegiatan seperti ini, kita dapat mengetahui keadaan alam sekitar, bagaimana langkah antisipatif serta mitigasi bencana," sebutnya.

Dari sosialisasi ini, lanjut dia, para pemangku kepentingan dapat menganalisa dan menyusun langkah strategis yang diperlukan dalam upaya pengurangan risiko bencana di kota Tomohon. "Kita terus berdoa kepada Tuhan yang maha kuasa untuk menjaga dan melindungi daerah tercinta Kota Tomohon, Provinsi Sulut dan Negara Kesatuan Republik Indonesia," ucapnya berharap. (Ant/OL-12)

Baca Juga

Antara

PMI Suplai 136 Ribu Liter Air untuk 6 Ribu Pengungsi Gempa Cianjur

👤Lina Herlina 🕔Minggu 27 November 2022, 19:42 WIB
Untuk menjamin ketersediaan air bersih bagi pengungsi gempa Cianjur, Ketum PMI Jusuf Kalla juga meminta jajarannya untuk melipatgandakan...
Dok. Pos Indonesia

Penyaluran BLT BBM Tahap 2, PKH, BNPT di Bali Berjalan Lancar, Tembus Capaian 14%

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 27 November 2022, 17:13 WIB
Tidak hanya menyalurkan BLT BBM tahap 2 periode November-Desember, PT Pos Indonesia juga menyalurkan PKH dan BPNT (bansos...
DOK Pribadi.

Pengelola Uang Rakyat Papua Perlu Diberi Efek Jera

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 27 November 2022, 17:00 WIB
Ketua PGGJ ini secara khusus meminta kepada aparat penegak hukum untuk tanpa pandang bulu menindak tegas semua pihak di Tanah Papua yang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya