Kamis 09 Juni 2022, 11:11 WIB

Tangkapan Ikan Tuna di Pantai Lebak Selatan Melimpah

Mediaindonesia.com | Nusantara
Tangkapan Ikan Tuna di Pantai Lebak Selatan Melimpah

ANTARA FOTO/Ampelsa
Ilustrasi

 

Tangkapan ikan tuna para nelayan di pesisir Pantai Lebak selatan sejak tiga bulan terakhir  sangat melimpah dari biasanya hanya sekitar 30 ton/bulan kini bisa mencapai 80-100 ton/bulan, sehingga pendapatan nelayan setempat juga meningkat.

"Kami menerima informasi dari nelayan, kini tangkapan ikan tuna melimpah, " kata Kepala Bidang Peningkatan Kapasitas Nelayan Kecil Dinas Perikanan Kabupaten Lebak Rizal Ardiansyah di Lebak, Kamis.
 
Menurut dia, populasi ikan tuna pesisir Pantai Lebak selatan masuk kategori terbaik di dunia, karena berada di Perairan Samudera Hindia dengan kondisi laut terdalam. Populasi ikan tuna di tempat ini jenis sirip kuning dan mata besar dengan berat bisa mencapai 60-70 kilogram/ekor.
 
Ia menduga, melimpahnya tangkapan ikan tuna itu akibat adanya migrasi ikan-ikan kecil. Tangkapan ikan tuna  di Pantai Lebak selatan melimpah sejak  April, Mei dan Juni 2022, sehingga mendongkrak pendapatan ekonomi nelayan.
 
Biasanya, tangkapan ikan tuna itu sekitar 30 ton/bulan, namun saat ini antara 80-100 ton/bulan dengan harga Rp60 ribu/kg. Jika tangkapan ikan tuna 80-100 ton dan harga Rp 60 ribu/kg maka pendapatan nelayan bisa  mencapai Rp4 miliar lebih.
 
Rizal mengemukakan,  ikan tuna hasil tangkapan nelayan  itu biasa  diekspor melalui perusahaan dari Provinsi Bali.
 
Ia menjelaskan, para nelayan biasa menangkap ikan tuna itu dengan jarak hingga 25 mil dari Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Binuangeun Kabupaten Lebak. Para nelayan melaut antara lima sampai enam hari dengan menggunakan kapal berbobot di atas 12 Gross Tonnage (GT).
 
Sementara itu, sejumlah nelayan PPI Binuangeun Kabupaten Lebak mengaku bahwa tangkapan ikan tuna sejarak tiga bulan terakhir ini melimpah, sehingga dapat meningkatkan pendapatan mereka.
 
"Kami selama 15 tahun berprofesi nelayan baru kali ini dapat tangkapan ikan tuna melimpah, " kata Beben saat dihubungi di Lebak. (Ant/OL-12)

Baca Juga

Antara

Covid-19 Masih Naik, Jateng Tetap Gelar PTM 100 Persen

👤Akhmad Safuan 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 23:46 WIB
KASUS covid-19 di berbagai daerah di Jawa Tengah kembali meningkat dan kini telah mencapai 1.555 warga dirawat di rumah sakit maupun...
dok.ist

Nelayan Sulsel Dukung Ganjar Presiden 2024

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 21:56 WIB
TERIKNYA mentari di pesisir Matene tak menggoyahkan semangat komunitas nelayan di Tanete Rilau, Kabupaten Barru, Sulsel menyatakan dukungan...
DOK MI.

Junjung Netiket, Jadi Pejuang Antihoaks

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 21:15 WIB
Di antara netiket yaitu kompetensi mengakses informasi sesuai netiket serta menyeleksi dan menganalisis informasi saat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya