Kamis 02 Juni 2022, 12:25 WIB

Membumikan Pancasila, Ganjar Dorong Perbaikan Sistem Hingga Pengembangan Desa

Haryanto | Nusantara
Membumikan Pancasila, Ganjar Dorong Perbaikan Sistem Hingga Pengembangan Desa

dok.Humas Pemprov Jateng
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menemui kepala desa (kades) se-Jateng di Aula Swadaya Dispermasdes, Semarang, Kamis (2/6/2022)

 

GUBERNUR Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo menemui kepala desa (kades) se-Jateng di Aula Swadaya Dispermasdes, Semarang. Dalam kesempatan tersebut, Ganjar mendorong para kades memperbaiki sistem hingga mengembangkan desa.

"Mereka akan melanjutkan diskusinya, memperbaiki sistem di desa, bagaimana mengembangkan desa wisata, ekonomi perdesaan yang mesti ditingkatkan, dan problem-problem bisa diselesaikan," kata Ganjar, Kamis (2/6/2022).

Lebih lanjut, Ganjar menyebut pertemuan kades se-Jateng ini juga membahas pencegahan dan penyelesaian masalah di desa. Seperti angka kematian ibu hamil dan stunting.

"Maka kita cari problem-problem, oh ibu-ibu hamil ini juga harus mendapatkan perhatian," tuturnya.

"Kita bisa mencegah angka kematian ibu melahirkan, angka kematian balita, kita juga bisa mencegah stunting di desa," sambung Ganjar.

Ganjar menjelaskan, upaya ini juga merupakan gebrakan dalam Bulan Pancasila yang digelar hingga akhir Juni ini. Menurutnya, menyelesaikan permasalahan di desa adalah langkah membumikan pancasila.

"Kita punya PR sebenarnya. Dispermasdes mencoba komunikasikan ke teman-teman desa, yuk kita implementasikan atau kita bumikan pancasila ini dalam kegiatan-kegiatan yang sifatnya teknokratis," tuturnya.

"Nanti kita juga akan melanjutkan ke kegiatan-kegiatan yang sifatnya ekonomi. Jadi pemberdayaan-pemberdayaan ekonomi yang ada dan masing-masing (desa) kita dorong berperan, mudah-mudahan bermanfaat," sambung Ganjar.

Dalam pertemuan Kades se-Jateng tersebut, Badan Usaha Milik Desa (BUMDs) menampilkan berbagai produk khas daerahnya masing-masing. Ganjar pun mengapresiasi para BUMdes.

"BUMDs hari ini menampilkan produk-produk yang semuanya bagus. Ini ekonomi berdikari sebenarnya. Padahal level bawah dan banyak sekali start up level bawah muncul," pungkasnya. (OL-13)

Baca Juga: Pria Bersenjata Bunuh 4 Orang di Rumah Sakit Tulsa AS

Baca Juga

DOK MI

Ribuan UMKM Tumbuh Di Lamongan Selama Pandemi Covid-19

👤M Yakub 🕔Jumat 30 September 2022, 22:28 WIB
PEMKAB Lamongan, Jawa Timur menyatakan sebanyak 3.015 pengusaha di wilayahnya memperoleh Nomor Induk Berusaha (NIB) melalui Sistem Online...
Dok. KEIND

Menkominfo, Menparekraf, dan Gubernur Jateng akan Hadir di Rakernas Perdana KEIND di Solo

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 30 September 2022, 22:02 WIB
Rapat Kerja yang juga dibarengi dengan acara Entrepreneur Summit ini telah mengundang lebih dari 3.000 UMKM dari seluruh Indonesia yang...
DOK Pribadi.

Rumah Pejuang Kanker Peroleh Bantuan Sicepat dan Indonesia Bisa

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 30 September 2022, 22:00 WIB
Rumah Pejuang Kanker Ambu yang berdiri sejak 2009 terus berkembang sehingga kini yayasan itu memiliki empat rumah kanker di Jalan Bijaksana...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya