Kamis 26 Mei 2022, 17:54 WIB

Alat Pendeteksi Gempa BMKG Palu Dicuri Lagi

M Taufan SP Bustan | Nusantara
Alat Pendeteksi Gempa BMKG Palu Dicuri Lagi

Medcom
Ilustrasi

 

BADAN Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Palu, Sulawesi Tengah, kembali kehilangan alat pendeteksi gempa yang dipasang di Desa Pombewe, Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi. Pencurian yang diduga dilakukan warga setempat itu sudah kali kedua.

Akibat hilangnnya alat pendeteksi itu, pihak BMKG terpaksa membawa ke kantor di Palu alat yang tersisa. Salah satu anggota BMKG Palu, Ahmad mengaku, mereka terpaksa membawa sisa alat pendeteksi karena takut peralatan lainnya yang tersisa itu kembali dicuri. "Biar lebih aman saja, makanya alat yang tersisa kami bawa ke kantor di Palu," terangnya, Kamis (26/5).  

Menurut Ahmad, hilangnya beberapa perangkat deteksi gempa di stasiun mini Pombewe itu, diketahui saat alat yang ada di kantor BMKG Palu tidak lagi berfungsi atau tidak terkoneksi dengan stasiun mini di Desa Pombewe.

"Karena tidak konek makanya dicek. Ternyata beberapa peralatan hilang. Diperkirakan hilangnya sejumlah alat itu satu bulan lalu," ungkapnya.  

Ahmad menjelaskan, bahwa alat yang hilang di antaranya, solar sel danbeberapa perangkat lainnya.

Hilangnya alat pendeteksi gempa di stasium mini Pombewe sudah kedua kalinya. Di mana pada 2019 lalu pertama kali kejadian dan pelakunya saat itu sudah ditemukan.

"Dengan kejadian ini, belum ada dari pihak BMKG untuk melakukan pemasangan alat baru, karena khawatir akan hilang lagi. Dan bisa jadi bila gempa terjadi di wilayah Sigi akan tidak terdeteksi seluruhya," paparnya.  

Terkait pencurian itu, Ahmad menambahkan, bahwa BMKG Palu sudah melaporkan Polsek Biromaru. "Laporan sudah masuk dan kami tinggal menunggu hasil penyelidikan polisi," tandasnya.

Pascahilangnya alat pendeteksi gempa di stasiun mini Pombewe, menyisahkan dua stasiun mini yang bisa mendeteksi gempa di Palu. Stasiun tersisa itu yakni stasiun mini Labuan di Donggala dan Baluase di Sigi. (OL-15)

 

Baca Juga

MI/Mitha Meinansi

JK Resmikan Masjid Islamic Center Nurul Yaqin di Kota Palu

👤Mitha Meinansi 🕔Selasa 05 Juli 2022, 23:35 WIB
JK berharap, kehadiran Islamic Center tersebut juga bisa lebih meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar serta bisa memaksimalkan...
Ist

Nikmati Keindahan Bukit Tompe, Ibas Dukung Pengembangan Desa Wisata

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 05 Juli 2022, 22:30 WIB
Bukit Tompe yang terletak di Desa Tamanasri pun menjadi salah satu destinasi wisata yang dipilih Edhie Baskoro Yudhoyono...
DOK/PLN

Sistem Interkoneksi Kalimantan Terganggu, Sebagian Kalsel-Kalteng Gelap Gulita

👤Denny Susanto 🕔Selasa 05 Juli 2022, 22:00 WIB
Gangguan sistem interkoneksi Kalimantan juga berimbas pada sistem kelistrikan Barito meliputi wilayah Kalsel dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya