Rabu 25 Mei 2022, 23:10 WIB

Adik Presiden Joko Widodo Menikah dengan Adat Jawa

Widjajadi | Nusantara
Adik Presiden Joko Widodo Menikah dengan Adat Jawa

MI/WIDJAJADI
Persiapan lokasi pernikahan adik Presiden Joko Widodo Hj Idayati dan Ketua MK Anwar Usman

 

 

PROSESI pernikahan agung adat Jawa pasangan Hj Idayati dan Prof H Anwar Usman. Pengantin perempuan ialah adik kandung Presiden Joko Widodo yang menikah dengan Ketua Mahkamah Konstitusi, di Gedung Graha Saba Buana, Solo, Jawa Tengah, pada Kamis (26/5).

Kedua pasangan sebelumnya berstatus janda dan duda. Prosesi pernikahan dijelaskan Septiara Silvani dan Aditya Rimbo Galih Samudro, dipandu Dani Wigung, pengatur acara pernikahan, Rabu (25/5).

"Besok, bapak dan ibu menikah dengan tata cara adat Jawa. Ibu mengenakan kebaya dengan jarit batik halus, dan bapak mengenakan beskap jangkep dengan jarit motif batik tulis," ujar Septiara.

Pasangan pengantin yang sama sama sudah memomong cucu itu, akan berganti pakaian pengantin adat Jawa Jangkep seusai prosesi akad nikah, yang dilanjutkan upacara resepsi.

Hj Idayati merupakan putri pasangan Widjiatno Notomiharjo-Sudjiatmi, sedangkan Anwar Usmas putra dari Usman A Rahim dengan Hj St Ramlah. Keduanya sepakat hanya mengundang tamu secara terbatas, dengan sistem barcode.

"Untuk akad nikah yang berlangsung pagi, hanya dihadiri 200 tamu, yang hanya bisa masuk dengan sistem barcode dan sudah PCR. Tanpa menunjukkan itu tidak bisa masuk," imbuh Dani.

Rombongan calon pengantin pria datang ke gedung pukul 08.30 WIB. penyerahan calon mempelai pria kepada calon mempelai putri dilakukan rekannya di MK, yakni  Prof Arief Hidayat didampingi Prof Aswanto, dan Suhartoyo.

Sementara dari pihak calon  mempelai wanita yang akan menerima adalah H Arif Budi Sulistyo, didampingi Wahyu Purwanto dan Adityo Rimbo Galih Samudro.

Setelah itu, sepasang calon mempelai dibawa ke meja akad nikah. Pihak calon mempelai putri dengan wali nikah adalah sang kakak, Presiden Joko Widodo.

Saksi dari mempelai wanita adalah Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin dan saksi dari mempelai pria ialah Panglima TNI Jenderal TNI Andhika Perkasa.

Prosesi resepsi baru dimulai pukul 12.00 hingga 14.00 WIB. Bintang penyanyi tenar berdarah Batak, Judika akan menghibur para tamu, disamping musik tradisi gamelan Jawa. (N-2)

Baca Juga

dok.medcom

Kecelakaan Beruntun Belasan Kendaraan Di KM 92 Cipularang Arah Jakarta

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 27 Juni 2022, 06:54 WIB
BELASAN kendaraan dikabarkan terlibat kecelakaan beruntun di KM 92 Tol Cipularang arah Cikampek-Jakarta pada Minggu (26/6)...
dok.ist

OMG Jatim Berharap Ganjar Menjadi Presiden di 2024

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 27 Juni 2022, 05:50 WIB
ORANG Muda Ganjar (OMG) Jatim menyatakan dukungan untuk Ganjar Pranowo dan berharap gubernur Jateng itu menjadi presiden Indonesia...
dok.ist

Gercep, Sandiaga Beri Dukungan UMKM dan Dalang Cilik di Lombok

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 27 Juni 2022, 05:17 WIB
Menparekraf) Sandiaga Uno mendatangi Desa Wisata Buwun Sejati, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok, Nusa Tenggara Barat, mengunjungi pelaku...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya