Rabu 25 Mei 2022, 16:31 WIB

Kapolda Bali: Polri Jadi Contoh Pengamanan Kegiatan Internasional PBB 

Arnoldus Tanti | Nusantara
Kapolda Bali: Polri Jadi Contoh Pengamanan Kegiatan Internasional PBB 

dok.Humas Polda Bali
Command center kebencanaan di Bali

 

KAPOLDA Bali, Irjen Putu Jayan Danu Putra menyebut perwakilan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menjadikan contoh Command Center ITDC yang dibangun Polri. 

Jayan mengatakan PBB akan mencontoh pengamanan Global Platform for Disaster Risk Reducation (GPDRR) dan sistem Manejemen monitoring bencana alam gempa bumi dan tsunami. 

Hal itu dituturkan Deputy Sekertaris Jenderal PBB, Amina J Mohhamed saat meninjau Command Centre ITDC dalam rangka melihat fasilitas dan fitur kesiapan dukungan teknologi Command Center untuk antisipasi pengamanan, kebencanaan dan tsunami di Bali, kemarin, (24/5). 


“Deputi Sekretaris Jenderal PBB mengapresiasi atas kesiapan Polri, sehingga PBB akan menjadikan 91 Command Center ITDC sebagai contoh pembuatan fasilitas Command Center sistem penanganan kebencanaan di negara-negara di dunia dibawah UNDRR,” ujar Putu Jayan, Rabu (25/5). 

Fasilitas dan fitur 91 Command Center ITDC, kata Jayan, mendukung kegiatan pengamanan event Internasional termasuk GPDRR dan G20 seperti integrasi monitor CCTV yang terpasang di seluruh wilayah Bali sebanyak 1.431 titik CCTV. 

“Ada 3 di pelabuhan penyeberangan, 1 di pelabuhan logistik, 1 di Bandara Internasional Ngurah Rai dan 1 terminal tipe A,” terangnya. 

Tak hanya itu, daerah tujuan wisata utama serta seluruh jalur Jalan Tol yang menjadi route para Delegasi juga memiliki monitoring Drone, monitoring GPS Ranmor Patroli, monitoring Body Worm Camera, monitoring situasi dari udara dengan Drone, dashboard Polisiku, Dashboard 110 dan SOT Presisi. 

Putu Jayan mengemukakan  fasilitas dan fitur 91 Command Center ITDC juga mempersiapkan penanganan bencana alam dan tsunami di wilayah Bali. 

Dari mulai info cuaca BMKG, informasi bencana alam dan tsunami seluruh Indonesia secara real time. 

Hingga inarisk BNPB monitoring kecepatan angin, pasang surut air dan tinggi gelombang, video SOP evakuasi bencana gempa dan tsunami di kawasan Wisata Nusa Dua Bali. 

“Itu tidak hanya melihat fitur-fitur CCTV saja, tapi juga melihat kesiapan untuk mendukung pengamanan kegiatan Sidang PBB ini baik segi kebencanaan maupun keamanan dan lainnya,” ucapnya. 

Maka, Putu Jaya menuturkan Perwakilan PBB mengapresiasi kesiapan Polri dalam melakukan pengamanan untuk kegiatan kenegaraan atau internasional. Apalagi Indonesia sudah pernah melaksanakan kegiatan bersama PBB di Bali. 

“Kita sudah dua kali kegiatan bersama PBB, kemarin COP (Konferensi Para Pihak) masalah lingkungan, kemudian sekarang (GPDRR)," terangnya. 

"Betul (PBB tidak meragukan Polri dalam mengamankan kegiatan internasional), sangat mengapresiasi dapat mengkolaborasikan konsep pengamanan Standart PBB dengan konsep pengamanan Polri,” pungkas Jayan. (OL-13) 

Baca Juga

Antara

Covid-19 Masih Naik, Jateng Tetap Gelar PTM 100 Persen

👤Akhmad Safuan 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 23:46 WIB
KASUS covid-19 di berbagai daerah di Jawa Tengah kembali meningkat dan kini telah mencapai 1.555 warga dirawat di rumah sakit maupun...
dok.ist

Nelayan Sulsel Dukung Ganjar Presiden 2024

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 21:56 WIB
TERIKNYA mentari di pesisir Matene tak menggoyahkan semangat komunitas nelayan di Tanete Rilau, Kabupaten Barru, Sulsel menyatakan dukungan...
DOK MI.

Junjung Netiket, Jadi Pejuang Antihoaks

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 21:15 WIB
Di antara netiket yaitu kompetensi mengakses informasi sesuai netiket serta menyeleksi dan menganalisis informasi saat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya