Selasa 24 Mei 2022, 11:15 WIB

Publik Sambut Baik Lomba Maskot BNPT

Mediaindonesia.com | Nusantara
Publik Sambut Baik Lomba Maskot BNPT

Dok.forum relawan
Perayaan Hari Kebangkitan Nasional di Monumen Kebangkitan Nasional, Solo.

 

BADAN Nasional Penangulangan Terorisme (BNPT) mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam Kompetisi Desain Maskot BNPT. Ajakan itu pun mendapat sambutan hangat. Mereka mengatakan cara BNPT melibatkan publik dalam acara yang digelar untuk menyambut HUT ke-12, BNPT RI, 16 Juli mendatang itu merupakan cara yang kreatif. 

Diungkapkan pegiat medsos, Nirmala Firdaus, BNPT dengan cara sederhana namun tepat telah melakukan ajakan kepada masyarakat untuk berpartisipasi pada acara ulang tahun lembaga tersebut. “Apalagi, caranya pun tidak rumit, sangat sederhana. Tetapi dengan cara sederhana pula masyarakat bisa mengenal BNPT melalui situs, media sosial yang dimiliki BNPT, bahkan BNPT TV,” kata Nirmala yang juga ketua Garuda Siber NKRI, lembaga  yang banyak berperan mengangkat di media sosisl isu-isu toleransi, persatuan bangsa dalam bingkai NKRI , sosial kemasyarakatan, masalah kenegaraan dan partisipasi masyarakat. 

Hal itu ditunjukkan Nirmala dengan membuktikan efektifnya cara-cara gampang sebagai syarat keikutsertaan masyarakat dalam lomba yang menjanjikan banyak hadiah menarik tersebut. “Misalnya, peserta diminta mem-follow dan subscribe akun media sosial resmi BNPT RI, akun Youtube Humas BNPT serta BNPT TV,” kata Nirmala. “Itu artinya membuka kesempatan agar media-media penting diseminasi informasi BNPT tersebut dikunjungi, dikenal dan pada gilirannya menjadi saluran informasi tepercaya di masyarakat.”

Nirmala yakin, kesan pertama publik terhadap akun-akun media sosial BNPT tersebut akan membuat mereka menjadi follower akun-akun itu.  “Pasalnya, akun-akun medsos BNPT, mulai dari Instagram, akun YouTube dan BNPT TV, penuh dengan konten-konten yang kreatif dan menarik, sehingga informasi yang hendak disampaikan BNPT pun sampai dan tertanam secara efektif dan kognisi pemirsa,” kata Nirmala. Ia mengaku bahwa wajibnya peserta untuk mem-follow akun medsos BNPT itu sebagai langkah cerdas, karena akan membuat publik mengenal lebih dulu akun-akun tersebut. 

“Jadi, dengan menariknya konten di akun-akun itu, memang yang diperlukan hanyalah kesan pertama. Selanjutnya masyarakat sendiri akan enjoy dengan konten-konten kreatif di akun-akun medsos tersebut,” kata Nirmala.  

Tidak hanya dikenal sebagai pegiat medsos yang antusias, Nirmala sendiri dikenal sebagai aktivis yang penuh kreativitas. Misalnya, pada 20 Mei lalu, bersama Forum Relawan, Nirmala sebagai Ketua Panitia menggelar perayaan Hari Kebangkitan Nasional di Monumen Kebangkitan Nasional, Solo. Perayaan Kebangkitan Nasional diyakini Nirmala merupakan tonggak sejarah awal dari kesadaran bahwa Indonesia merupakan bangsa yang bersatu dan besar.

"Kita juga harus mengingat semangat pantang menyerah para pejuang kebangsaan terdahulu dan menerapkanya pada masa kini untuk bangkit dari pandemi dan krisis multidimensi yang sedang melanda dunia," kata Nirmala saat itu. Tidak hanya dihadiri perwakilan dari berbagai organisasi relawan seluruh Indonesia, acara tersebut merangkum ribuan peserta karena juga disiarkan secara daring. Puncak acara peringatan tersebut diisi dengan pembacaan pernyataan sikap yang antara lain menegaskan tekad untuk menjunjung kebhinekaan bangsa Indonesia dan menolak segala macam bentuk intoleransi.

Sebelumnya diberitakan bahwa dalam rangkaian peringatan HUT ke-12, BNPT antara lain menggelar kompetisi desain maskot BNPT. Desain dan model maskot tersebut disyaratkan harus memiliki makna tentang toleransi, persatuan dan Indonesia yang penuh harmoni. Salah satu persyaratannya adalah mem-follow akun-akun media sosial BNPT yang akan membuka intensi lebih jauh antara masyarakat dengan lembaga negara tersebut. (RO/A-1)

Baca Juga

ANTARA/Andreas Fitri

Gubernur DIY Terima Bintang Tanda Jasa dari Kaisar Jepang

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 28 Juni 2022, 23:10 WIB
Tanda jasa itu diserahkan oleh Duta Besar (Dubes) Jepang untuk Indonesia Kanasugi Kenji kepada Sri Sultan, disaksikan GKR Hemas bersama...
Dok. Pribadi

Legislator : Puncak Jaya Harus Masuk DOB Papua Pegunungan Tengah, Bukan Papua Tengah

👤Thomas Harming Suwarta 🕔Selasa 28 Juni 2022, 22:52 WIB
Agus menegaskan keputusan tersebut tidak tepat karena secara rentang kendali dan kemudahan akses, Kabupaten Puncak Jaya lebih tepat masuk...
ANTARA

1.400 Sapi Di Kuningan Telah Divaksin PMK

👤Nurul Hidayah 🕔Selasa 28 Juni 2022, 22:05 WIB
RIBUAN sapi di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat sudah mendapatkan vaksinasi untuk pencegahan penyakit mulut dan kaki...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya