Selasa 17 Mei 2022, 23:15 WIB

Panen Raya Jagung Hibrida di Lahan Binaan FKDB

Media Indonesia | Nusantara
 Panen Raya Jagung Hibrida di Lahan Binaan FKDB

Dok FKDB
Suasana panen jagung hibrida.

 

LAHAN uji coba untuk penanaman jagung hibrida di Air Molek 1, Pasir Penyu, Indragiri Hulu, Riau mulai panen.

Setelah melakukan penanaman jagung hibrida Februari lalu, Selasa (17/5) dilaksanakan panen raya jagung hibrida di lahan uji coba seluas 6.000 meter persegi.

Kegiatan uji coba jagung hibrida dilaksanakan dalam rangka menindak lanjuti kegiatan Forum Komunikasi Doa Bangsa (FKDB) Pusat dalam kegiatan ketahanan pangan. Sebelumnya FKDB yang merupakan organisasi kemasyarakatan binaan Polri telah menandatangani Mou bidang ketahanan pangan bersama Baharkam Polri di Jakarta, 24 September 2020. 

Penggiat ekonomi kerakyatan dan pendiri FKDB H Ayep Zaki menyebutkan bakal terus fokus membangun ekosistem pertanian di seluruh Indonesia melalui tiga jenis pangan utama, di antaranya kedelai, padi, dan jagung. 

"Hal itu untuk mewujudkan ketahanan pangan yang menjadi soko guru pertanian nasional. Namun membangun ekosistem pertanian juga harus melibatkan sejumlah pihak," papar Ayep (18/5).

Sedangkan Ketua Kelompok Tani Karya Makmur Acun Basuni mengungkapkan rasa puas dengan hasil panen saat ini. Kelompok tani ini merupakaan binaan FKDB.

"Alhamdulillah hasil panen cukup bagus. Selanjutnya lahan akan lebih diperluas lagi, dan kelompok tani juga siap menampung hasil panen jagung dari kelompok-kelompok tani yang lain," ungkap Acun.

Acara panen raya ini dihadiri Koordinator BP3 Kecamatan Pasir Penyu Yosep Sinulingga beserta penyuluh, dan Ketua KTNA Kecamatan Pasir Penyu Koncara Gumilang. (RO/O-2) 

Baca Juga

ANTARA/Francisco Carolio

Pemerintah Akan Bangun Tanggul Banjir Rob di Kawasan Belawan

👤Yoseph Pencawan 🕔Senin 04 Juli 2022, 22:58 WIB
PEMPROV Sumatera Utara (Sumut) akan merealisasikan pembangunan tanggul untuk menanggulangi banjir rob yang kerap menggenangi kawasan...
Metro TV/Yohanes Manasye.

Pemkab Manggarai Timur Tanggung Biaya Pengobatan Bayi yang Ditahan RSUD Ben Mboi

👤Yohanes Manasye 🕔Senin 04 Juli 2022, 22:45 WIB
KELUHAN keluarga Karolina Fatima Keluru, 16, dan Sabinus Jampung, 18, akhirnya sampai ke Pemkab Manggarai Timur...
Dispenad

Langkah Strategis KSAD Manfaatkan Lahan Tidur

👤Media Indonesia 🕔Senin 04 Juli 2022, 21:45 WIB
PROGRAM ketahanan pangan sudah menjadi domain banyak pihak karena posisi tersebut sangat strategis untuk mewujudkan swasembada pangan dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya