Selasa 17 Mei 2022, 10:55 WIB

Era Jokowi Dinilai Beri Banyak Ruang bagi Pengusaha Milenial

Mediaindonesia.com | Nusantara
Era Jokowi Dinilai Beri Banyak Ruang bagi Pengusaha Milenial

Antara/Galih Pradipta.
Pengunjung melihat produk UMKM saat peluncuran Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia di Lapangan Tahapary Polda Maluku.

 

UPAYA Presiden Joko Widodo dalam membangkitkan semangat anak muda untuk berinovasi dan berkreasi terbukti sukses menciptakan pengusaha-pengusaha baru dari kalangan milenial. Dukungan pemerintah dari berbagai sektor mampu menumbuhkan rasa percaya diri kalangan pemuda dalam membangun usahanya.

Ketua Komisi I DPRD Ambon, Maluku, Zeth Pormes, menyebut kebijakan ekonomi yang diluncurkan Jokowi terbukti sukses menghasilkan dampak positif bagi masyarakat, khususnya bagi berkembangnya perekonomian generasi muda ke depan. "Hari ini Jokowi memimpin, Indonesia sudah naik ke 3,7% entrepreneurship," kata Zeth Pormes saat ditemui di Ambon, Maluku.  

Menurutnya, pencapaian pertumbuhan enterpreneur di Indonesia, khususnya Maluku, yang kini memiliki banyak pengusaha muda tidak lepas dari sejumlah kebijakan Presiden Jokowi. Lebih jauh Zeth mengungkapkan bahwa Jokowi sangat memahami pentingnya kehadiran wirausaha dalam upaya mendongkrak perekonomian nasional.  Berbagai kebijakan, mulai dari penyediaan modal usaha, perizinan, hingga fasilitas tak luput dari perhatiannya sehingga kesempatan bagi anak-anak muda untuk berinovasi membangun usahanya begitu terbuka.

Di sisi lain, era digital juga semakin membuka ruang bagi pengusaha muda untuk mengakses dukungan teknologi dalam menjalankan usahanya. "Anda bisa bayangkan, saya berada di Jakarta, tetapi mau makan, istri saya di Ambon yang memesankan makanannya via aplikasi digital. Ini kan bentuk kemajuan dunia usaha yang didukung oleh teknologi," terang Zeth.

Itu sebabnya dia sangat yakin ke depan pertumbuhan ekonomi bangsa akan kian berkembang, khususnya bagi para pelaku usaha mikro, kecil, menengah (UMKM) dari kalangan milenial. "Kami mengharapkan sampai akhir masa jabatan di 2024 bisa tercipta 5% pengusaha Indonesia dari jumlah keseluruhan populasi," pungkasnya.(RO/OL-14)

Baca Juga

MI/Mitha Meinansi

JK Resmikan Masjid Islamic Center Nurul Yaqin di Kota Palu

👤Mitha Meinansi 🕔Selasa 05 Juli 2022, 23:35 WIB
JK berharap, kehadiran Islamic Center tersebut juga bisa lebih meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar serta bisa memaksimalkan...
Ist

Nikmati Keindahan Bukit Tompe, Ibas Dukung Pengembangan Desa Wisata

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 05 Juli 2022, 22:30 WIB
Bukit Tompe yang terletak di Desa Tamanasri pun menjadi salah satu destinasi wisata yang dipilih Edhie Baskoro Yudhoyono...
DOK/PLN

Sistem Interkoneksi Kalimantan Terganggu, Sebagian Kalsel-Kalteng Gelap Gulita

👤Denny Susanto 🕔Selasa 05 Juli 2022, 22:00 WIB
Gangguan sistem interkoneksi Kalimantan juga berimbas pada sistem kelistrikan Barito meliputi wilayah Kalsel dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya