Senin 16 Mei 2022, 17:43 WIB

BMKG Keluarkan Peringatan Karhutla di NTT

Palce Amalo | Nusantara
BMKG Keluarkan Peringatan Karhutla di NTT

DOK MI
Ilustrasi

 

BADAN Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun El Tari Kupang, NTT mengeluarkan peringatan dini ancaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Peringatan dini itu dikeluarkan terkait datangnya musim kemarau.

Dari peta ancaman karhutla yang diterbitkan BKMG, sejumlah kabupaten masuk dalam zona merah ancaman kebakaran yakni Rote Ndao, Sabu Raijua, Malaka, Kupang, bagian selatan Timor Tengah Selatan, serta pesisir Sumba Timur, dan Sumba Tengah.

"Alang-alang dan dedaunan yang biasanya menutupi lantai hutan dalam kondisi sangat kering dan sangat mudah terbakar," kata Kepala Stasiun Meteorologi El Tari Kupang, Agung Sudiono Abadi, Senin (16/5).

Wilayah lainnya masuk zona kuning kebakaran juga mencakup wilayah sepanjang pantai utara dan timur Kabupaten Sumba Timur, Sumba Tengah dan Sumba Barat, serta wilayah lainnya di Kabupaten Kupang, Timor Tengah Selatan dan Timor Tengah Utara.

Masyarakat diminta tidak membuang puntung rokok di dedaunan yang telah mengering atau membakar lahan karena berpotensi menjadi kebakaran besar. Pembukaan kebun dengan sistem tebas dan bakar yang dianut petani juga berpotensi menimbulkan kebakaran. Sementara itu hampir seluruh wilayah NTT sudah memasuki musim kemarau kecuali wilayah selatan Pulau Sumba dan sebagain besar Pulau Flores. (OL-15)

 

Baca Juga

ANTARA/Hendra Nurdiyansyah

Polda DIY Tetapkan Dua Tersangka Kasus Kerusuhan Babarsari

👤mediaindonesia,com 🕔Rabu 06 Juli 2022, 23:10 WIB
Di lokasi kejadian, di Jambusari pada Sabtu (2/7), kata Ade, dua tersangka itu melakukan kekerasan yang mengakibatkan tiga orang...
ANTARA/Basri Marzuki

Pedagang di Kota Palu Tolak Hewan Ternak dari Luar Sulawesi

👤M Taufan S Bustan 🕔Rabu 06 Juli 2022, 22:40 WIB
Ketersedian stok di Kota Palu diakui pedagang masih mencukupi untuk kebutuhan konsumsi dan kebutuhan kurban pada Idul Adha...
MI/Adi Kristiadi

Pengendara Moge Penabrak Anak Kembar hingga Tewas di Ciamis Divonis 4 Bulan

👤Adi Kristiadi 🕔Rabu 06 Juli 2022, 22:35 WIB
MAJELIS hakim Pengadilan Negeri (PN) Ciamis menjatuhkan vonis dua terdakwa pengendara motor gede (Harley Davidson) yang menabrak dua anak...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya