Sabtu 14 Mei 2022, 09:01 WIB

Universitas Internasional Semen Indonesia Kembangkan Laboratorium Virtual

Mediaindonesia.com | Nusantara
Universitas Internasional Semen Indonesia  Kembangkan Laboratorium Virtual

Dok.UISI
Rektor UISI Prof.Dr.Ing.Herman Sasongko menjelaskan tentang instalasi virtual ekstraksi minyak Atsiri di laboratorim virtual UISI.

 

Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) yang berlokasi di Kompleks PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, Gresik, Jawa Timur  terus berinovasi memberikan fasilitas penunjang belajar bagi mahasiswa. 

Salah satunya dengan mengembangkan fasilitas laboratorium virtual yang beroperasi pada Mei 2021. Laboratorium virtual digunakan untuk simulasi dan memberikan gambaran nyata tentang engineering process dan engineering mechanism dari aktivitas manufacturing di industry, seperti kinetika reaksi proses hingga calculation of production.

Laboratorium virtual berada di Kampus B UISI, dilengkapi dengan layar besar di bagian muka, berhadapan dengan beberapa unit komputer yang bisa dioperasikan oleh para mahasiswa. 

Dalam penggunaannya, selain dapat digunakan langsung di kampus, laboratorium virtual juga dapat diakses melalui website maupun aplikasi oleh mahasiswa secara online. Hal ini memudahkan mahasiswa untuk mengakses simulasi dari mana saja. 

Rektor UISI Prof. Dr.Ing. Herman Sasongko menjelaskan pengembangangan laboratorium virtual tersebut untuk mengakomodir kebutuhan mahasiswa dalam menyikapi keterbatasan aktivitas teknis di laboratorium dan kunjungan di lapangan industri. Fasilitas ini juga disebut laboratorium simulator karena berfungsi untuk simulasi bagi mahasiswa, sebelum nanti mereka bekerja terjun langsung ke lapangan.

“Melalui konsep integrasi software dan hardware diharapkan laboratorium virtual ini dapat memudahkan proses penyampaian materi diskusi dalam forum agar bisa secara komprehensif diterima oleh mahasiswa,” katanya.

Prof. Dr.Ing. Herman Sasongko berharap melalui pengembangan laboratorium virtual ini, UISI dapat terus berkontribusi dan memberikan manfaat bagi bangsa, baik dalam pendidikan, riset, dan pengabdian masyarakat. Selama pandemi, kegiatan perkuliahan dilakukan secara daring, namun UISI terus berproses dalam pengembangan pendidikan. 

Berdasar pemeringkatan yang dilakukan Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Dirjen Belmawa) Kemenristek DIKTI, UISI berada di urutan 53 dari 101 di bidang kemahasiswaan secara nasional tahun 2021.

Tahun ini UISI berhasil menembus peringkat tiga di antara kampus klaster 3. Peningkatan peringkat ini juga dibuktikan dengan naiknya kualitas bidang kemahasiswaan di UISI.  Di tahun ini, jumlah prestasi mahasiswa di ajang nasional dan internasional bergengsi semakin naik, prestasi nasional itu antara lain juara di ajang Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) Awards serta juara 1 MonsoonSIM Competition.

UISI merupakan universitas pertama yang memiliki kampus industrial heritage di Indonesia dan menjadi perintis universitas berbasis korporasi dengan menerapkan metode pendidikan berbasis praktik, yang memanfaatkan live laboratory bekas pabrik dan lokasi tambang PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) di Kabupaten Gresik. Guna menunjang pendidikan bagi mahasiswa UISI juga memiliki fasilitas Co Working Space Wiragraha untuk ruang pelatihan dan laboratorium bisnis yang berada di Kampus C yang berada di Telaga Ngipik.(RO/E-1)
 

Baca Juga

DOK/Aston Tropicana Hotel

Sambut Libur Sekolah, Hotel Aston Tropicana Bandung Siapkan Fasilitas Ramah Anak

👤Media Indonesia 🕔Rabu 25 Mei 2022, 11:55 WIB
Aston Tropicana Bandung menjadi hotel pilihan terbaik untuk menginap...
SETPRES/AGUS SUPARTO

Tiga Aset KSPN Labuan Bajo Menunggu untuk Beroperasi

👤Putra Ananda 🕔Rabu 25 Mei 2022, 11:53 WIB
Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi mengaku belum dioptimalkannya kawasan pariwistat strategis Labuan bajo disebabkan belum...
dok.mi

Audit BPKP: Dari 12 Hanya 4 PDAM di Kalsel Berkinerja Sehat

👤Denny Susanto 🕔Rabu 25 Mei 2022, 11:50 WIB
HASIL audit BPKP menyebutkan hanya ada 4 dari 12 Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) di Kalimantan Selatan berkinerja sehat atau berkinerja...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya