Kamis 12 Mei 2022, 16:31 WIB

Rumah Gambo Jadi Etalase Produk Unggulan Muba

Dwi Apriani | Nusantara
Rumah Gambo Jadi Etalase Produk Unggulan Muba

MI/Dwi Apriani
Sekda Muba Apriyadi membuka Gebyar Milenial Bisnis Kreatif 2022 dengan tema "Wirausaha Aktif, Ekonomi Bangkit" juga meresmikan Rumah Gambo

 

PEMERINTAH Kabupaten Musi Banyuasin menggelar Gebyar Milenial Bisnis Kreatif 2022 dengan tema "Wirausaha Aktif, Ekonomi Bangkit" sekaligus meresmikan Rumah Gambo bertempat di Halaman Gedung Rumah Gambo, Kamis (12/5).

Sekretaris Daerah Kabupaten Muba Apriyadi mengatakan acara ini merupakan ajang promosi produk unggulan dan kreativitas wirausaha muda yang ada di Kabupaten Muba. Harapannya masyarakat luas dapat lebih mengetahui potensi yang dimiliki Kabupaten Muba.

"Rumah Gambo ini merupakan kebanggan bagi kita semua. Keberadaannya akan sangat bermanfaat untuk menampung berbagai kegiatan yang berhubungan dengan peningkatan ekonomi. Selain itu Rumah Gambo Muba menjadi salah satu wadah edukasi dan destinasi wisata budaya Kabupaten Muba," ujar Apriyadi.

Apriyadi juga mengajak semua warga Kabupaten Muba agar bersama-sama meramaikan, menjaga dan memelihara gedung Rumah Gambo dengan sebaik-baiknya supaya bisa memberikan manfaat yang sebesar-besarnya.

"Pemerintah berupaya mendorong pengembangan industri kreatif karena sektor ini dapat berkontribusi secara signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi nasional. Sesuai dengan peraturan pemerintah yang tertuang dalam Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2009 yaitu Pengembangan industri kreatif," tuturnya.

Ia menyebutkan, agar instansi terkait segera melakukan kerja sama dengan pihak manapun, agar bisa memanfaatkan kemajuan teknologi dalam mempromosikan produk-produk unggulan Kabupaten Muba.

"Sudah saatnya kita memanfaatkan kemajuan teknologi untuk mempromosikan produk-produk unggulan, segera buat sistem seperti e-commerce milik Pemkab Muba, supaya produk UMKM Muba bisa dimasukkan kesana sehingga orang-orang luar bisa melihat dan langsung membeli produk unggulan kita. Ayo kita dorong produk-produk kita untuk go internasional sehingga UMKM Muba bisa bersaing dengan daerah-daerah lainnya. Mari kita terus gairahkan dan gelorakan ekonomi di Muba," bebernya.

Baca juga: Jabatan Bupati Muba Segera Berakhir, Gubernur Sumsel Siapkan Penjabat

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Muba Azizah mengatakan kegiatan Gebyar Milenial Bisnis Kreatif rutin dilakukan setiap tahun. Adapun tujuan memberikan pengetahuan dan meningkatkan kemampuan serta keterampilan para peserta dalam mengembangkan produk unggulan, sehingga dapat memberikan hasil yang bervariasi dari produk unggulan yang sudah ada.

"Selain itu juga bertujuan meningkatkan mutu produk unggulan agar mampu bersaing pada pasar yang lebih luas, mendukung program pemberdayaan ekonomi masyarakat yang berbasis kearifan lokal serta mendukung kegiatan pameran dagang lokal," paparnya.

Azizah menjelaskan, Rumah Gambo akan diresmikan hari ini meskipun kelengkapan interior belum 100 persen selesai, nantinya seiring berjalan waktu target di tahun 2023 bisa selesai.

"Rumah Gambo ini nantinya bukan hanya sebagai icon Muba tapi juga tempat promosi produk-produk UMKM Muba. Selain itu juga akan menjadi sarana edukasi, karena nanti kami akan jadwalkan kunjungan bagi peserta didik di Muba untuk mengetahui apa itu Gambo Muba, yang merupakan produk ecofashion. Rumah Gambo ini akan kita jadikan juga destinasi budaya dan pendidikan bagi pengunjung wisata luar Kabupaten Muba. Kami pula akan siapkan tempat di sekitar pelataran Rumah Gambo untuk menjadi pusat pertumbuhan ekonomi bagi UMKM berupa tempat makan, bersantai, diskusi dan belajar bersama," pungkasnya.(OL-5)

Baca Juga

dok.Barantan

Warga Padang Ekspor Perdana Cicak ke Hong Kong

👤Yose Hendra 🕔Selasa 24 Mei 2022, 15:20 WIB
WARGA Padang, Sumatra Barat (Sumbar) mengekspor sebanyak 330 Kg cicak kering ke Hong...
dok.ist

Jadi Panutan Masyarakat Sunda, Brigjen (Purn) Budi Setiawan Raih Penghargaan

👤Kristiadi 🕔Selasa 24 Mei 2022, 14:57 WIB
BRIGJEN Pol (Purn) Budi Setiawan menerima penghargaan dari Pengasuh Pakarang Adat Nusantara Abah Dr. Yusuf...
dok.Ant

Calhaj Ciamis yang Sudah Konfirmasi Ada 502 dari Kuota 508 Orang

👤Adi Kristiadi 🕔Selasa 24 Mei 2022, 14:36 WIB
CALON jemaah haji tahun ini Kabupaten Ciamis mendapatkan kuota sebanyak 508 orang yang sudah konfirmasi baru 502 tinggal enam orang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya