Rabu 11 Mei 2022, 14:59 WIB

Lemhanas Kaji Ketahanan Ibukota Negara

Denny Susanto | Nusantara
Lemhanas Kaji Ketahanan Ibukota Negara

MI/Denny Susanto
Gubernur Lemhanas , Andi Widjajanto (kanan) menjadi pembicara dalam dialog wawasan kebangsaan di Banjarmasin, Kalimantan Selatan

 

LEMBAGA Ketahanan Nasional (Lemhanas) RI melakukan kajian strategis sejumlah program nasional termasuk ketahanan ibukota nusantara (IKN) di Provinsi Kalimantan Timur.

Hal ini diungkapkan Gubernur Lemhannas RI, Andi Widjajanto, dalam kunjungan kerjanya di Provinsi Kalimantan Selatan, Rabu (11/5).

"Ada sejumlah kegiatan yang tengah dijalankan Lemhanas, antara lain  kajian strategis atas mandat Presiden berupa kajian terkait pelaksanaan pemilu serentak 2024, kajian terkait ekonomi hijau, kajian ekonomi biru, dan kajian tentang ketahanan Ibu Kota Nusantara," ungkapnya.

Pembangunan IKN diyakini akan sangat berpengaruh terhadap perkembangan provinsi KalimantanTimur termasuk Kalimantan Selatan di masa mendatang. Dikatakan Andi Widjajanto, kunjungan Lemhanas ke Kalsel kali ini terkait pemantapan nilai kebangsaan yang merupakan salah satu dari empat program dalam Lemhannas.  

baca juga: Prabowo Minta Lemhannas Lahirkan Pimpinan yang Berkarakter dan Pancasilais

Program pemantapan nilai kebangsaan ini menyasar kalangan komunitas-komunitas di seluruh Indonesia. Program ini diwujudkan dengan penyelenggaraan dialog kebangsaan di Hotel Rattan In Banjarmasin.

Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor dihadapan Gubernur Lemhanas memaparkan posisi strategis Kalsel sebagai sebagai gerbang Ibu Kota Negara Nusantara.

Kalsel sendiri mengharapkan segera terealisasinya infrastruktur lebih baik seperti di pulau Jawa. Salah satunya pembangunan jalur kereta api.

Ketua Ikatan Alumni Lemhanas Kalsel, Zulkifli menyambut baik atas ditunjuknya Kalsel sebagai lokus sosialisasi wawasan kebangsaan.

"Program pemantapan nilai kebangsaan terutama sasarannya generasi muda, yang saat ini kita rasakan seperti dihadapkan pada situasi dimana nilai-nilai kebangsaan datang dari berbagai arah belum siap untuk diterima. Sementara nilai-nilai lama ingin ditinggalkan karena tuntutan jaman," tuturnya.

Saat ini Indonesia membutuhkan SDM berkualitas untuk bersaing dengan SDM mancanegara dengan tetap memegang karakter ke Indonesiaan.

"Jadi sosialisasi wawasan kebangsaan yang dilaksanakan Lemhannas ini membantu Pemda dalam meningkatkan kualitasnya sesuai dengan visi/misi gubernur Kalsel 2021-2026," ujar Zulkifli.

Sehari sebelumnya Gubernur Lemhanas, melakukan silaturahmi dan ramah tamah dengan Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor serta Forkopimda Provinsi Kalsel. (N-1)

 

 

Baca Juga

dok.Barantan

Warga Padang Ekspor Perdana Cicak ke Hong Kong

👤Yose Hendra 🕔Selasa 24 Mei 2022, 15:20 WIB
WARGA Padang, Sumatra Barat (Sumbar) mengekspor sebanyak 330 Kg cicak kering ke Hong...
dok.ist

Jadi Panutan Masyarakat Sunda, Brigjen (Purn) Budi Setiawan Raih Penghargaan

👤Kristiadi 🕔Selasa 24 Mei 2022, 14:57 WIB
BRIGJEN Pol (Purn) Budi Setiawan menerima penghargaan dari Pengasuh Pakarang Adat Nusantara Abah Dr. Yusuf...
dok.Ant

Calhaj Ciamis yang Sudah Konfirmasi Ada 502 dari Kuota 508 Orang

👤Adi Kristiadi 🕔Selasa 24 Mei 2022, 14:36 WIB
CALON jemaah haji tahun ini Kabupaten Ciamis mendapatkan kuota sebanyak 508 orang yang sudah konfirmasi baru 502 tinggal enam orang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya