Selasa 10 Mei 2022, 10:00 WIB

Pemkab Manggarai Barat Dorong Pemanfaatan Waterfront City untuk UMKM

Mediaindonesia.com | Nusantara
Pemkab Manggarai Barat Dorong Pemanfaatan Waterfront City untuk UMKM

MI/John Lewar
Lokasi Waterfront City di Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT.

 

Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat mendorong pemanfaatan tempat publik Waterfront City untuk aktivitas seni dan promosi UMKM guna pengembangan pariwisata Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT.

"Ini peluang bagi pemerintah daerah untuk manfaatkan tempat itu. Kami akan diskusikan, tiap minggu buat pagelaran seni di sini. Tentunya ini hal positif biar hidupkan kembali pariwisata agar orang bisa lebih lama tinggal di Labuan Bajo," kata Wakil Bupati Manggarai Barat Yulianus Weng di Labuan Bajo, Selasa.

Hal itu dia sampaikannya menanggapi kegiatan pameran UMKM dan pertunjukan tari yang terselenggara sejak 8 Mei hingga 11 Mei 2022 di Waterfront City Labuan Bajo.

Weng mengatakan pemerintah bangga karena adanya kolaborasi baik antara seni tari pertunjukan dan pameran UMKM yang menarik minat banyak pengunjung di lokasi itu.

Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat memberikan apresiasi tinggi atas penyelenggaraan kegiatan di kawasan publik yang dibangun oleh pemerintah pusat tersebut. Sebagai tempat yang digadang-gadang menjadi titik nol pariwisata, tentunya pemerintah melihat banyak peluang untuk memberikan kenyamanan berkunjung bagi wisatawan yang datang ke Labuan Bajo, khususnya ke lokasi itu. Dia pun berharap aset daerah itu benar-benar dijaga dan dimanfaatkan untuk memajukan pariwisata Labuan Bajo.

Pada kesempatan kunjungan dua hari ke gerai UMKM yang juga dibuka pada lokasi yang sama, Weng juga memberikan apresiasi atas pameran 2.500 produk UMKM dari 180 pelaku UMKM di NTT. Weng berbangga karena geliat UMKM di tengah pandemi Covid-19 mulai tumbuh kembali.

Kehadiran pameran itu tentunya menjadi angin segar di tengah menurunnya kasus Covid-19 yang perlu mendapatkan apresiasi dari pemerintah.

Dia mengatakan pameran itu sejalan dengan harapan pemerintah pusat untuk mengedepankan produk lokal dan bangga dengan buatan lokal. Pemkab Manggarai Barat pun akan terus memberikan dukungan bagi pengembangan usaha masyarakat.

Salah satunya dengan melibatkan dinas teknis untuk melihat program pembiayaan bagi UMKM guna membantu pengembangan UMKM ke depan. Dengan demikian, dia berharap UMKM bisa terus bangkit dan memberikan dampak positif bagi pembangunan ekonomi daerah. (Ant/OL-12)

Baca Juga

Ist

Berbagi Ribuan Al-Qur'an di Wilayah Terpencil Sulawesi Selatan

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 19 Mei 2022, 21:32 WIB
Di TPQ Nurul Yaqin, Desa Lampenai, Kecamatan Wotu, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan, ketika menerima bantuan Al-Qur'an,...
DOK MI

Pesta Miras Oplosn di Sleman Renggut Tiga Nyawa

👤Widhoroso 🕔Kamis 19 Mei 2022, 21:08 WIB
TIGA orang meninggal dunia setelah mengonsumsi minuman keras oplosan di Dusun Karongan, Kelurahan Jogotirto, Kecamatan Berbah, Kabupaten...
DOK RMU.

RMU Kelola Katingan Mentaya Project untuk Turunkan Emisi Karbon

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 19 Mei 2022, 20:40 WIB
KMP merupakan kegiatan konservasi terbesar di dunia ditinjau dari segi penurunan emisi karbonnya sebesar 7,5 juta ton CO2 per tahun selama...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya