Selasa 10 Mei 2022, 09:13 WIB

Selama Lebaran, Imigrasi Atambua Layani 2.857 Pelintas Batas

Palce Amalo | Nusantara
Selama Lebaran, Imigrasi Atambua Layani 2.857 Pelintas Batas

MI/Dok Imigrasi Atambua
Seorang WNA menjalani pemeriksaan dokumen imigrasi di PLBN Motaain di Kabupaten Belu, NTT, beberapa waktu lalu.

 

KANTOR Imigrasi Kelas II Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Atambua, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT) melayani 2.857 pelintas batas sejak H-7 Lebaran sampai dengan 9 Mei 2022.

Sebagian besar pelintas batas adalah Warga Negara Indonesia (WNI) yaitu sebanyak 2.181 orang dan warga negara asing (WNA) sebanyak 676 orang, antara lain berasal dari Timor Leste, Portugal, India, Bangladesh, dan Swedia. 

"Tujuan pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) pemegang paspor  Indonesia keluar wilayah Indonesia dalam rangka melakukan liburan dan mengunjungi keluarga yang berada dan menetap di Timor Leste," kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Atambua, KA Halim, Selasa (10/5).

Baca juga: Petani NTT Sambut Baik Ekosistem Budi Daya Kedelai NasDem

Menurutnya, petugas imigrasi tetap menerapkan protokol kesehatan dalam pelayanan keimigrasian, temasuk terhadap para pelintas batas dalam rangka mencegah penyebaran covid-19.

Pada akhir liburan, Senin (9/5), total pelintas yang meningalkan Indonesia di gedung keberangkatan sebanyak 60 orang terdiri dari WNI dan WNA, sedangkan di gedung kedatangan sebanyak 129 orang.

Jumlah itu menurun dibandingkan hari sebelumnya, Minggu (8/5), yaitu sebanyak 289 orang yang merupakan puncak pelintas batas, terdiri dari 112 meninggalkan Indonesia dan 177 orang masuk ke Indonesia. Sedangkan pada Sabtu (7/5) total pelintas batas sebanyak 264 orang.

Para pelintas batas dari Timor Leste mengunakan Visa  Kunjungan Saat Kedatangan Khusus Wiata (VKSKKW) atau Visa on Arrival (VoA) yang diberlakukan bersama Bebas Visa Kunjungan Khusus Wisata (BVKKW) oleh pemerintah sejak 6 April 2022. 

Kebijakan ini untuk  mendukung pariwisata berkelanjutan di masa pandemi covid-19. (OL-1)

Baca Juga

Dok FKDB

Panen Raya Jagung Hibrida di Lahan Binaan FKDB

👤Media Indonesia 🕔Selasa 17 Mei 2022, 23:15 WIB
LAHAN uji coba untuk penanaman jagung hibrida di Air Molek 1, Pasir Penyu, Indragiri Hulu, Riau mulai...
ANTARA

Polisi Masih Selidiki Penyebab Kecelakaan Maut Karawang

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 17 Mei 2022, 22:52 WIB
Pihak kepolisian kini masih mencari penyebab kecelakaan itu sehingga penyelidikan data dan teknis masih diperlukan untuk bisa mengungkap...
DOK MI

KM Sirimau Kandas di Wilayah Laut Lembata

👤Alexander Taum 🕔Selasa 17 Mei 2022, 22:37 WIB
KM Sirimau yang sedang berlayar dari Pelabuhan Laut Lewoleba, Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur, Selasa (17/5) kandas di pulau...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya