Selasa 03 Mei 2022, 16:00 WIB

Libur Lebaran, Objek Wisata di Sejumlah Daerah Diserbu Pengunjung

Lilik Darmawan | Nusantara
Libur Lebaran, Objek Wisata di Sejumlah Daerah Diserbu Pengunjung

MI/Lilik Darmawan
Kawasan Wisata Baturaden.

 

SEJUMLAH objek wisata di beberapa daerah dipenuhi pengunjung pada libur Lebaran hari kedua. Objek wisata yang cukup padat pengunjung adalah wisata alam pegunungan dan pantai.

Berdasarkan pemantauan Media Indonesia, jalan menuju Lokawisata Baturraden, Banyumas, Jawa Tengah (Jateng) cukup padat. Baturraden masih menjadi salah satu alternatif utama wisata bagi mereka yang berkunjung ke Banyumas.

Baca juga: Libur Lebaran, 60% Pengunjung Kawasan Uluwatu Bali Wisman

Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Banyumas Asis Kusumandani mengatakan bahwa pada Lebaran hari kedua, kedatangan wisatawan ke Baturraden cukup banyak.

"Hingga siang ini tercatat ada 5 ribu pengunjung yang datang di Baturraden. Umumnya mereka adalah para pemudik dan warga lokal yang mengisi liburan Lebaran," kata Asis pada Selasa (3/5).

Menurut Asis, sampai sore hari, diperkirakan jumlah pengunjung bakal mengalami lonjakan lagi. “Hingga tutup nanti sore, kemungkinan bisa mendekati 10 ribu pengunjung. Mudah-mudahan saja," ujarnya.

Pihaknya telah mengantisipasi membeludaknya pengunjung. Di antaranya adalah menyiapkan personel pengamanan di lokasi-lokasi tertentu. "Kami juga menerapkan protokol kesehatan yang ketat untuk para pengunjung," katanya.

Dari Cilacap dilaporkan bahwa pengunjung ke lokasi wisata pantai di Teluk Penyu dan Benteng Pendem mulai mengalami peningkatan. Personel Polres Cilacap melaksanakan pengamanan terhadap para pengunjung.

"Kami terus mengimbau kepada pengunjung untuk tetap waspada. Anak-anak harus dijaga supaya tidak terlalu ke tengah saat bermain di pantai. Petugas kepolisian juga berjaga-jaga di pantai untuk memantau kondisi dan pengunjung," kata Kapolres Cilacap AKB Eko Widiantoro.

Sementara Kapolres Kebumen AKB Piter Yanottama juga telah memerintahkan kepada para personel kepolisian untuk melakukan patroli di objek-objek wisata salah satunya pantai. "Salah satu pantai yang dipantau adalah Pantai Mliwis, Kecamatan Ambal, Kebumen. Di wilayah ini, polisi melakukan imbauan supaya pengunjung tidak mandi di pantai," kata Kapolres didampingi Karo Penmas Aiptu S Catur Nugraha.

Menurutnya, pihaknya meminta kewaspadaan para pengunjung karena pantai Kebumen merupakan Samudra Hindia dengan ombak yang besar. (OL-6)

Baca Juga

MI/Haryanto

Ada Kadin, Ganjar Yakin Harga Cabai Bisa Dikendalikan Lebih Mudah

👤Haryanto 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 14:37 WIB
GUBERNUR Jawa Tengah mendorong peran Kamar Dagang dan Industri  Jateng untuk mengatasi lonjakan harga...
MI/Kristiadi.

Tebing 50 Meter Longsor Tutup Jalan Utama Salopa-Cikatomas, Satu Ruang Guru Roboh

👤Kristiadi 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 14:27 WIB
Intensitas hujan tinggi yang terjadi sejak beberapa hari ini menyebabkan tebing setinggi 50 meter longsor dan langsung menimbun ruas jalan...
MI/Rendy Ferdiansyah

Polres Minahasa Tenggara Temukan Penimbunan Solar Bersubsidi

👤Voucke Lontaan 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 14:22 WIB
POLRES Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara, temukan penimbunan 8400 liter bahan bakar minyak (BBM) solar...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya