Minggu 24 April 2022, 12:00 WIB

Kerinduan Warga Desa Watotutu pada Sanitasi Total Berbasis Masyarakat Terjawab

Fransiskus Gerardus/ Metro TV | Nusantara
Kerinduan Warga Desa Watotutu pada Sanitasi Total Berbasis Masyarakat Terjawab

Fransiskus Gerardus/Metro TV
Desa Watotutu, Kecamatan Ile Mandiri,NTT ini akhirnya mempunyai desa Sanitasi Total Berbasis Masyarakat melalui sistem gotong royong.

 

Warga di Desa  Watotutu, Kecamatan Ile Mandiri,NTT merindukan sanitasi. Sanitasi merupakan hal strategis bagian dasar kebutuhan manusia dan untuk kesekian lama desa ini akhirnya mempunyai desa STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat ) melalui sistem gotong royong pada Minggu (24/4).

Desa Watotutu masih di bawah garis kemiskinan dan masih mempunyai indeks desa baru berkembang, bertahun-tahun masyarakat merindukan dengan adanya program Nasional, tentang sanitasi total berbasis masyarakat.

Untuk memutuskan mata rantai penularan penyakit yang berhubungan dengan kesehatan lingkungan.

Salah satu warga menjelaskan kegiatan Deklarasi STBM ini kami merasa bangga, senang karena Desa kami sudah di deklarasikan, kami juga tidak BAB sembarangan, saat ini semua rumah warga sudah memiliki MCK." ujar Kori Hajon

Bupati Anton dalam sambutannya mengatakan, program STBM merupakan pernyataan sikap dari seluruh masyarakat untuk terus mengamalkan hidup sehat.

Ia menegaskan, pemerintah hanya mampu memfasilitasi serta membangun kesadaran semua masyarakat agar hidup sehat secara berkelanjutan. Yang paling penting, kata dia, terwujudnya hidup sehat secara total adalah masyarakat itu sendiri.

“Yang paling penting adalah kesadaran masyarakat tentang pentingnya hidup sehat. Pemerintah tentu punya tanggung jawab membangun kesadaran dan memfasilitasi masyarakat,” katanya.

Ia mengimbau warga Watotutu agar terus membangun budaya hidup bersih dan sehat dengan menerapkan lima pilar STBM plus. Menurutnya, deklarasi bukan titik terakhir melainkan langkah awal menuju kesehatan masyarakat.

Sementara itu Kepala Desa Watotutu Yoseph Duli Leton mewakili Masyarakat desa Watotutu mengucapkan terima kasih kepada Kepala Cabang Bank NTT. Kepala Bank BPR Larantuka, dan Kepala Pegadaian Cabang Larantuka yang sudah membantu dalam segala hal sehingga bisa deklarasi STBM di Desa Watotutu ini berjalan sukses,” ucap Yoseph.

Dia mengakui tanpa dukungan dari donatur pelaksanaan deklarasi ini tidak bisa berjalan lancar. “Tanpa tumpang tangan dan bantuan dari bapak ibu semuanya acara deklarasi hari ini tidak bisa berjalan dengan lancar seperti ini” ungkap Kades Watotutu ini.

Tak lupa mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Desa Watotutu yang sudah berpartisipasi dalam acara ini. ”Terima kasih juga saya sampaikan kepada warga saya yang sudah membantu menyukseskan acara STBM ini. Tanpa dukungkan dari semuanya acara STMB yang dihadiri oleh Bupati Flores Timur Antonius Gege Hadjon tidak mungkin selancar ini” tutupnya. (OL-12)

Baca Juga

MI/Djoko Sardjono

Masuk 50 Besar Desa Wisata Terbaik, Impian Pengrajin Batik Ecoprint di Klaten Terwujud

👤Djoko Sardjono 🕔Jumat 01 Juli 2022, 18:05 WIB
MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno, mengunjungi  Desa Wisata Bugisan, Prambanan, Klaten,...
MI/USMAN ISKANDAR

Sosialisasi Koleksi Museum Agar Jadi Wisata Edukasi

👤Lina Herlina 🕔Jumat 01 Juli 2022, 18:05 WIB
Museum yang ada di Indonesia dapat dibedakan melalui beberapa jenis klasifikasi, baik berdasarkan koleksi, atau berdasarkan kedudukan atau...
ANTARA

Pemkot Cirebon Genjot Sektor Pariwisata

👤Nurul Hidayah 🕔Jumat 01 Juli 2022, 17:50 WIB
KOTA Cirebon, Jawa Barat miliki puluhan lokasi wisata dan warisan budaya tak benda. Semua menjadi potensi untuk mengelola pariwisata di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya