Jumat 22 April 2022, 21:10 WIB

Pemkab Klungkung Ajak Puputan Perangi Sampah Plastik

Ruta Suryana | Nusantara
Pemkab Klungkung Ajak Puputan Perangi Sampah Plastik

MI/Palce Amalo
Ilustrasi: Sampah plastik berserak di pantai yang mengganggu pariwisata di Bali.

 

PEMKAB Klungkung, Bali, merlakukan aksi bersih-bersih sampah plastik secara serentak yang dipusatkan di Pantai Watu Klotok, Jumat (22/4). Kegiatan ini serangkaian menyambut HUT ke-114 Hari Puputan Klungkung dan HUT ke-30 Kota Semarapura, ibukota Klungkung, serta Hari
Bumi Tahun 2022.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta yang memimpin kegiatan mengajak semua pihak untuk bersama-sama  menggelorakan dan memerangi sampah plastik melalui Gema Tansaplas dan puputan sampah plastik.

"Puputan ini merupakan sebuah gerakan habis-habisan di tengah upaya kita memerangi sampah plastik yang belum selesai. Maka dari itu puputan ini sebagai upaya dan langkah kita bersama menyelesaikan sampah plastik," tandas Bupati Suwirta.

Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Kabupaten Klungkung, I Ketut Suadnyana, mengatakan kegiatan bersih-bersih sampah plastik di Klungkung ini digelar serentak di empat  kecamatan utamanya menyasar kawasan pantai.

Di Kecamatan Klungkung, kegiatan bersih-bersih sampah plastik dipusatkan di Pantai Watu Klotok, di Kecamatan Dawan di sepanjang pesisir Pantai Segara Kusamba, Kecamatan Banjarangkan
dilaksnakan di Pantai Tegal Besar, Pantai Lepang, sedangkan di Kecamatan Nusa Penida dilaksanakan di Pantai Sampalan Nusa Penida.

Menurut Suadnyana, kegiatan ini dilaksanakan untuk membiasakan masyarakat untuk memerangi sampah plastik di lingkungannya. Terlebih permasalahan sampah merupakan tanggung jawab bersama.

"Kesadaran untuk menjaga lingkungan dan alam sekitar masih sangat kurang, terutama masalah sampah. Untuk itu kesadaran ini harus terus diupayakan bahkan harus dibangun agar menjadi budaya di masyarakat," ujar Ketut Suadnyana. (OL-13)

Baca Juga: Pasar Tumpah di Jalur Selatan Jabar jadi Perhatian Polres Garut

Baca Juga

Dok. Pemprov Babel

Tingkatkan Kualitas SDM, Pelajar Dan Mahasiswa Bangka Belitung Didorong Raih Beasiswa

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 27 Juni 2022, 23:36 WIB
"Pintar secara akademis tidaklah cukup, tapi milikilah karakter yang kuat dengan meningkatkan softskill. Belajarlah di luar apa yang...
MI/Apul Iskandar

Harga Cabai Merah di Pematangsiantar Meroket Hingga Rp125 Ribu per Kg

👤Apul Iskandar 🕔Senin 27 Juni 2022, 23:13 WIB
Kenaikan harga cabai merah dan cabai rawit hijau dikarenakan gagal panen dan naiknya harga...
Wikipedia

Masyarakat dan Wisatawan Diimbau tidak Mendekati Gunung Awu

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 27 Juni 2022, 23:00 WIB
PVMBG telah menaikkan status Gunung Awu dari Waspada Level II ke Siaga Level III menyusul meningkatnya aktivitas kegempaan gunung setinggi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya