Kamis 14 April 2022, 18:18 WIB

Umat Katholik di Lembata Rayakan Misa Kamis Putih

Alexander P Taum | Nusantara
Umat Katholik di Lembata Rayakan Misa Kamis Putih

MI/Alexander P Taum
Misa paskah di sebuah gereja di Lembata, NTT, Kamis (14/5).

 

UMAT Katolik di Lembata, Nusa Tenggara Timur, Kamis (14/4) merayakan Tri Hari Suci dengan mengikuti Misa Kamis Putih. Di Paroki St. Arnoldus Janssen Waikomo, Dekenat Lembata, Keuskupan Larantuka, perayaan Misa Kamis Putih dilakukan dalam dua kali misa.m Misa Pertama dilaksanakan pada pukul 17.00 WITA. Sedangkan misa kedua pada pukul 20.00 WITA.

Pater Emanuel Wero, SVD, yang memimpin perayaan misa Pertama di Gereja St. Arnoldus Janssen Waikomo, menjelaskan, menyambut hari Raya Paskah, umat Katolik menjalani Tri Doom atau tiga hari Suci. "Hari ini untuk memulai Tri Hari Suci, atau Tridoom persiapan Paskah atau dikenal dengan perayaan perjamuan malam terakhir. Kamis putih, semua putih, melambangkan kesucian kasih," ujar Pater Eman Wero, SVD.

Ia menjelaskan, secara istimewa, umat Katolik akan mengenang beberapa hal penting, pertama tentang pertama kali Sakramen Ekaristi itu ditetapkan Yesus. "Yesus menetapkan sakramen Ekaristi pada malam perjamuan terakhirnya bersama para murid, dimana dia memberi dirinya, tubuhnya dan raganya dalam rupa roti dan anggur, kemudian Yesus serahkan kepada murid muridnya," ungkap Pater Emanuel.

Pastor Emanuel mengatakan, dalam perjamuan malam terakhir, Yesus  menahbiskan murid-muridNya yang akan meneruskan apa yang diajarkan
Yesus. Hal penting kedua menurut Pastor Emanuel, yakni penetapan sakramen  Imamat yang diserahkan Yesus kepada para Rasul, kemudian diteruskan  kepada Paus, Uskup, termasuk kepada para Imam.

"Ekaristi dan Imamat. Tanpa imam maka sakramen Ekaristi tidak bisa dilakukan.Hargai Ekaristi, hargai pula imamat," ungkap Pater Eman Wero, SVD.

Ia menegaskan, sebagai orang Katolik, setelah perayaan Kamis Putih ini, umat Katholik dapat menjadi orang yang sangat menghormati Ekaristi. "Kita membutuhkan Tuhan untuk kekuatan batin untuk hidup kekal. Kedua sebagai orang Katholik, kita selalu bersedia melayani tanpa pamrih, menunjukan teladan saling melayani satu kepada yang lain," ujar Pater Eman Wero, SVD. (OL-15)

 

Baca Juga

ANTARA

Pemkot Corebon Genjot Sektor Pariwisata

👤Nurul Hidayah 🕔Jumat 01 Juli 2022, 17:50 WIB
KOTA Cirebon, Jawa Barat miliki puluhan lokasi wisata dan warisan budaya tak benda. Semua menjadi potensi untuk mengelola pariwisata di...
DOK MI

Puluhan Pengikut Khilafatul Muslimin Deklarasi Setia NKRI

👤Faishol Taselan 🕔Jumat 01 Juli 2022, 17:25 WIB
WARGA Surabaya, Jawa Timur  yang pernah bergabung dengan Khilafatul Muslimin Surabaya Raya menggelar deklarasi Kebangsaan dan...
ANTARA

Stok Hewan Kurban di Sumsel Mencukupi

👤Dwi Apriani 🕔Jumat 01 Juli 2022, 17:08 WIB
PEMPROV Sumatera Selatan memastikan stok hewan kurban baik sapi maupun kambing untuk Idul Adha mencukupi. Wabah penyakit mulut dan kuku...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya