Kamis 14 April 2022, 18:08 WIB

Tanam dan Edarkan Ganja, Kakak Beradik Dibekuk Polisi

Widhoroso | Nusantara
Tanam dan Edarkan Ganja, Kakak Beradik Dibekuk Polisi

DOK MI
Ilustrasi

 

POLRES Cimahi, Jawa Barat menangkap kakak beradik asal Desa Jayagiri, Kecamatan Lembang, Bandung Barat karena menanam sekaligus mengedarkan ganja, Rabu (13/4). Kasus itu terungkap setelah pihak berwajib menerima aduan dari masyarakat terus dilanjutkan dengan penyelidikan.

"Kemarin Satres Narkoba menggerebek rumah tersangka dan menemukan sejumlah barang bukti," kata Kapolres Cimahi AKBP Imron Ermawan, Kamis (14/4).

Selain menangkap kakak beradik HR, 37, serta ZM, 32, polisi juga menyita daun ganja yang dibungkus dalam kertas putih serta 5 batang ganja kering yang sudah dipanen dalam plastik hitam.

"Kami perdalam keterangan tersangka dan menurut pengakuannya ternyata di lantai 2 terdapat 37 batang pohon ganja yang ditanam dalam polybag," ungkapnya.

Imron menerangkan, tersangka sudah menanam ganja sejak setengah tahun yang lalu dan kini sudah siap dipanen. "Rata-rata ketinggian pohonnya sekitar 20-120 centimeter, baru dipanen 5 batang dan baru hanya dibagi-bagikan gratis ke teman dekatnya saja," ujarnya.

Kedua tersangka sebelumnya menerima bibit ganja dari seseorang berinisial UA melalui paket. Sedangkan pengetahuan cara menanamnya berasal dari tayangan YouTube. "Pelaku menanam ganja untuk diedarkan, mencari keuntungan dan dikonsumsi pribadi," jelasnya.

Atas perbuatannya, mereka dikenakan Pasal 114 ayat 2 dan Pasal 111 ayat 2 dan atau Pasal 132 ayat 1 Undang-undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman paling singkat 6 tahun dan maksimal 20 tahun penjara hingga pidana mati. (OL-15)

Baca Juga

MI/VICKY G

Jual Hewan Kurban Terpapar PMK, Satpol PP Semarang Bongkar Lapak Pedagang

👤Akhmad Safuan 🕔Kamis 30 Juni 2022, 20:50 WIB
Seluruh ternak yang diangkut untuk dikembalikan ke daerah asal agar tidak menulari ternak lain yang...
Antara

Gubernur DIY Minta ASN tidak Ingkari Komitmen Antikorupsi

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 30 Juni 2022, 20:30 WIB
Sri Sultan HB X juga menyatakan tidak akan menghalangi penyidik KPK, jika terdapat oknum yang melakukan praktik korupsi di lingkungan...
MI/CRI QANON RIA DEWI

Kapolda Lampung Irjen Akhmad Wiyagus Disambut Tradisi Pedang Pora

👤Cri Qanon Ria Dewi 🕔Kamis 30 Juni 2022, 20:30 WIB
Kapolda Lampung yang baru Irjen Akhmad Wiyagu mulai...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya