Jumat 08 April 2022, 17:51 WIB

Arus Mudik PMI Mulai Terlihat Di Bandara Juanda

Heri Susetyo | Nusantara
Arus Mudik PMI Mulai Terlihat Di Bandara Juanda

MI/Heri Susetyo
Para PMI yang baru tiba dari luar negari antri sebelum keluar dari Bandara Juanda, Sidoarjo, Jatim.

 

SEPEKAN awal Ramadan 2022, Terrminal 2 Bandara Juanda di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur mulai dipadati Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang mudik ke Tanah Air. Jumat (8/4), rombongan PMI terlihat di Terminal 2 Bandara Juanda.

Para PMI ini sengaja pulang mudik lebih awal agar bisa merasakan suasana lebaran lebih lama di kampung halaman masing-masing. Mereka juga ingin menjalankan ibadah puasa bersama keluarga. "Saya mau pulang ke Banyuwangi, sudah tiga tahun lebih tidak pulang," kata salah satu PMI Siti Aminah.

Jumat (8/4) ada tiga penerbangan internasional yang mendarat di Terminal 2 Bandara Juanda yaitu Singapore Airlines dengan 143 penumpang, AirAsia 178 penumpangm, dan Cathay Pacific 152 penumpang.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus Surabaya Chicco Ahmad Muttaqin mengakui mulai ada peningkatan penumpang penerbangan internasional di Bandara Juanda. Sejak penerbangan internasional dibuka, ada lebih dari 6.420 penumpang yang tiba di Bandara Juanda. "Mereka rata-rata dari Hong Kong, Singapura dan Malaysia," kata Chicco.

Namun peningkatan kedatangan penumpang penerbangan internasional di Bandara Juanda ini terjadi sejak dua pekan terakhir. Setiap hari mulai ada dua atau tiga pesawat penerbangan internasional atau rata-rata 500 penumpang per hari.

Lonjakan penumpang penerbangan internasional ini juga tidak terlepas dari pelonggaran kebijakan pemerintah pada pelaku perjalanan luar negeri. "Lonjakan penumpang penerbangan internasional kami perkiraan sepekan jelang lebaran," kata Chicco. (OL-15)

 

Baca Juga

Antara/Fikri Yusuf

Tren Healing Melukat di Carangsari, Berkahnya Mengalir Hingga ke APBD Kabupaten

👤Iis Zatnika 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 23:09 WIB
Berkendara 90 menit saja dari Bandar Udara Internasional Ngurah Rai, kita akan tiba di Desa Wisata Carangsari, Kabupaten Badung,...
Ist

Jogja Fair 2022 Digelar Bersamaan Perayaan HUT ke-266 Kota Yogyakarta 

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 23:00 WIB
Event berkelas yang memadukan dari segi bisnis, edukasi, dan hiburan ini akan dihelat di Jogja Expo Center pada 6-9...
DOK Sahabat Ganjar

Emak-Emak Kuningan Deklarasi Dukung Ganjar Pranowo

👤Widhoroso 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 21:35 WIB
DUKUNGAN terhadap Ganjar Pranowo untuk maju dalam pilpres 2024 terus mengalir. Kali ini, dukungan terhadap Gubernur Jawa Tengah itu datang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya