Jumat 08 April 2022, 17:42 WIB

Dukung Pengembangan SDM, SSB Hadirkan Program Training of Trainer

mediaindonesia.com | Nusantara
Dukung Pengembangan SDM, SSB Hadirkan Program Training of Trainer

Ist
PT Sanggar Sarana Baja (SSB) menggelar program CSR yang berkelanjutan berupa Training of Trainer (ToT).

 

PENINGKATAN kualitas sumber daya manusia (SDM) merupakan salah satu investasi penting dalam merealisasikan prioritas pembangunan nasional hingga 2024.

Menyadari hal tersebut, PT Sanggar Sarana Baja (SSB) yang merupakan anak perusahaan PT ABM Investama Tbk (IDX: ABMM), menggelar program CSR yang berkelanjutan berupa Training of Trainer (ToT) .

ToT ini sebagai wujud komitmen SSB dalam mendukung peningkatan kualitas SDM, dan produktivitas daerah, sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi di wilayah Kalimantan Timur (Kaltim).

Johan Budisusetija selaku Direktur PT SSB menjelaskan bahwa hadirnya  corporate social responsibility (CSR) Program ToT ini sejalan dengan visi perusahaan yaitu secara terus menerus menciptakan lapangan kerja yang layak dan berkualitas bagi sebanyak mungkin rakyat Indonesia.

“SSB senantiasa berkomitmen untuk menyejahterakan masyarakat, khususnya yang berada di sekitar wilayah operasional secara berkesinambungan dengan pendidikan berkualitas dan peningkatan skill agar masyarakat memiliki pekerjaan yang layak, sehingga dapat mendukung pertumbuhan ekonomi daerah,” jelas Johan dalam keterangan pers, Jumat (8/4).

Baca juga: Binda Kaltim Gencarkan Vaksinasi Di Empat Wilayah selama Ramadan

Adapun kegiatan ini terlaksana berkat kemitraan yang baik antara SSB dengan lembaga pendidikan juga rekanan bisnis di sekitar area operasional yaitu PT Kaltim Prima Coal (KPC), SMKN 1 Balikpapan, dan juga Balai Latihan Kerja Industri Mandiri (BBLKI) Kutai Timur.

Dalam pelaksanaannya, setiap peserta telah melalui serangkaian kegiatan yaitu mulai dari pelatihan pengelasan di Training Center SSB, On Job Training (OJT) selama sepekan di Workshop SSB Balikpapan, hingga pelatihan menjelang sertifikasi dari BNSP.

Selanjutnya para peserta menempuh ujian sertifikasi BNSP KKNI level 3, setelah berhasil maka para peserta tersebut dinyatakan kompeten dan mendapatkan sertifikasi langsung dari BNSP. 

Febriana Kurniasari selaku Superintendent Community Health and Education PT KPC menjelaskan bahwa kerja sama KPC dan BLK Kutai Timur sudah berjalan dalam waktu yang tidak sebentar, terutama dalam program-program pengembangan masyarakat Kutai Timur, sedangkan SSB adalah salah satu kontraktor terbesar KPC. 

“Kami menyambut baik dan mendukung program ini, karena program ini juga sejalan dengan goals kami untuk meningkatkan skill masyarakat Kutai Timur agar putra/i daerah bisa memiliki peluang yang maksimal dan dapat terserap di industri,” jelasnya.

Pelaksanaan CSR Program ToT ini ditujukan untuk mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goals (SDGs), yang merupakan komitmen global dan nasional dalam upaya untuk menyejahterakan masyarakat yang mencakup 17 tujuan.

Dengan diselenggarakannya Program ToT ini, SSB turut mendukung pembangunan yang berkelanjutan setidaknya 3 tujuan di antaranya adalah Pendidikan Bermutu, Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi, serta Kemitraan untuk Mencapai Tujuan.

“Kami menyadari bahwa upaya pencapaian target TPB/SDGs ini menjadi prioritas pembangunan nasional yang tentunya memerlukan sinergi dari berbagai pihak," ujar Johan.

"Oleh karena itu, kami ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu menyukseskan program tersebut, sekaligus juga kembali mengajak segenap elemen masyarakat untuk turut andil dan mendukung tujuan dari program ini,” pungkas Johan. (RO/OL-09)

Baca Juga

ANTARA/Muhammad Adimaja

KPK Kembangkan Kasus Korupsi yang Menjerat Haryadi Suyuti

👤Ardi Teristi Hardi 🕔Kamis 30 Juni 2022, 20:00 WIB
KPK juga masih mengembangkan adanya dugaan tindak pidana yang...
ANTARA FOTO/Maulana S

Ganjar Minta Desa Bentuk Bolo Ternak untuk Tanggulangi PMK

👤Widjajadi 🕔Kamis 30 Juni 2022, 19:51 WIB
Dengan konsep bolo ternak atau jogo ternak di tingkat desa di masa wabah PMK, akan membuat pertolongan dan penyehatan hewan ternak sapi...
MI/JAMAAH

Pemkab Tuban Minta Tambahan Jatah Vaksin pada Kementan

👤M Yakub 🕔Kamis 30 Juni 2022, 19:40 WIB
Pemkab juga meminta tambahan jatah vaksin kepada Kementerian Pertanian karena alokasi vaksin yang diterima tidak...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya