Minggu 20 Maret 2022, 09:11 WIB

Dukung GP Mandalika 2022, Kominfo Tingkatkan Kualitas Layanan Jaringan

mediaindonesia.com | Nusantara
Dukung GP Mandalika 2022, Kominfo Tingkatkan Kualitas Layanan Jaringan

MI/HO
Konfereni pers soal peningkatan layaan telekomunikasi di Pulau Lombok NTB.

 

KEMENTERIAN Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo RI) memastikan terus melakukan peningkatan kualitas jaringan atau optimasi sarana telekomunikasi di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Peningkatan serangkaian infrastruktur jaringan telekomunikasi yang berkualitas tersebut dilakukan guna mendukung gelaran Pertamina Grand Prix of Indonesia pada 18-20 Maret 2022, di Sirkuit Mandalika, NTB.

Hal tersebut disampaikan Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Dirjen SDPPI) Ismail dalam konferensi pers, Sabtu (19/3), di Kantor Gubernur Nusa Tenggara Barat.

Baca juga: Rekomendasi Multaqa Nasional VII Dari Penguatan Moderasi Beragama Hingga Tidak Tegas Penimbun Pangan

Ismail mengatakan ada dua hal utama yang dilakukan Kominfo RI untuk menunjang Perhelatan MotoGP Mandalika NTB. Pertama adalah penguatan infrastruktur jaringan di area Sirkuit Mandalika dan yang kedua optimasi area blank spot atau lemah sinyal di NTB.

Ismail menjelaskan 4 layer telekomunikasi sebagai layer backbone infrastruktur jaringan telah disiapkan di Kawasan Mandalika. Fiks broadband untuk Wifi serta Mobile broad bank dengan kapasitas  seratus ribu pengunjung.

"Di kawasan lain biasanya hanya 2 layer, di Mandalika terpasang 4. Infrastruktur telekomunikasi Insyaallah sudah aman," kata Ismail.

Menurut Ismail, peningkatan optimasi jaringan telekomunikasi ini terus dilakukan. Salah satunya dari pihak PT Telkomsel telah meningkatkan jaringan telekomunikasi yang berkualitas tersebut ke seluruh pelosok Pulau Lombok. 

"Pekan lalu, sudah dilakukan optimasi oleh PT Telkomsel, karena itu jaringan 5G di Sirkuit Mandalika terutama sangat optimal," terangnya.

Sementara itu, untuk 104 Blank Spot Area atau Area Lemah Signal yang menjadi laporan Diskominfotik NTB, Kominfo RI telah memetakan ada 85 titik yang akan di follow up. Dari 85 titik tersebut, 35 titik akan dikerjakan melalui projects Bakti Kominfo, sementara 50 titik oleh Telkomsel.

“Dari 85 Desa, terdapat 35 Desa desa 3T yang akan dibangun oleh Bakti Kominfo. 27 Desa akan dibangun dengan peningkatan jangkauan dan kapasitas BTS eksisting Telkomsel, dan 23 Desa akan dibangun sebagai komitmen non 3t Telkomsel,” urainya.

Lebih lanjut, Dirjen SDPPI Kominfo RI ini menyampaikan dukungan masyarakat sangat diperlukan. Ia mendoakan agar NTB bisa menjadi salah satu provinsi yang akan melaju pesat di Indonesia.

"Semoga pada 2022 ini dapat kita selesaikan prosesnya sehingga masyarakat dapat merasakan manfaat dari optimasi jaringan komunikasi ini," harap Ismail. (RO/OL-1)

Baca Juga

Dok. handout Istagram @raga.alfath

Cerita Raga Alfath Besarkan Bisnis Digital Aset.id, dari Malang Kini Ekspansi ke Ibu Kota Jakarta 

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 06 Februari 2023, 22:42 WIB
Raga membangun digital platform yang diberi nama Aset.id sejak akhir 2020. Meski baru berjalan selama dua tahun lamanya, Raga sebenarnya...
dok.ant

Di Sulawesi Tenggara hanya Minyakita yang Langka

👤Rahmat Rullah 🕔Senin 06 Februari 2023, 22:37 WIB
KEPALA Perum Bulog, Sulawesi Tenggara (Sultra), Siti Mardati Saing menjelaskan, khusus minyak goreng, merek Minyakita yang disubsidi...
Dok. KSP

Padi Reborn dan D'Masiv Sukes Hibur Pecinta Musik Cilegon di BNI The Royale Music Fest 2023

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 06 Februari 2023, 22:32 WIB
Konser musik yang dihadiri oleh sekitar 2 ribu penonton yang mayoritas sobat padi serta massiver tersebut, bak membius para penikmat musik...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya