Jumat 18 Maret 2022, 13:55 WIB

Festival Aksi Musik Anak Bangsa, Upaya BNPT Perkuat Semangat Kebangsaan

mediaindonesia.com | Nusantara
Festival Aksi Musik Anak Bangsa, Upaya BNPT Perkuat Semangat Kebangsaan

DOK.BNPT
Salah satu penampilan kesenian dalam Asik Bang BNPT Festival di Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (17/3).

 

KASUBDIT Kerja Sama Asia Pasifik dan Afrika Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Harianto mengatakan Aksi Musik Anak Bangsa (Asik Bang) BNPT Festival merupakan upaya memperkuat semangat kebangsaan anak muda lewat musik.

Ia mengatakan ketika masyarakat ingin berempati dan bersosialisasi, Asik Bang BNPT Festival diharapkan mampu menjadi salah satu bagian solusi dan wadah silaturahim, mempererat kesatuan persatuan, serta memberi edukasi positif bagi masyarakat, khususnya para pegiat musik.

"Tujuan Asik Bang ini adalah menyebarkan nilai-nilai kebangsaan dan mencegah penyebaran paham radikal terorisme yang bertentangan dengan ideologi bangsa. Melalui kegiatan itu, diharapkan seluruh generasi muda bisa meningkatkan kewaspadaan dan membentengi diri dari pengaruh ajakan kelompok radikal terorisme," Harianto di kegiatan Asik Bang di Makassar, Sulawesi Selatan, seperti dikutip Antara, Kamis (17/3).

Menurutnya, kehadiran kalangan generasi muda pada kegiatan itu menjadi sangat strategis untuk membangun kekuatan bersama dalam mendeteksi dini, menangkal, dan mencegah paham radikal terorisme.


Baca juga: Menko PMK Muhadjir Effendy Diberi Gelar Nama Adat Gowa 'Daeng Majarre'


"Lewat kegiatan Aksi Musik Anak Bangsa ini, kami tekankan pencegahan terorisme bukan hanya tanggung jawab BNPT, (tetapi) anak muda dan elemen lainnya memiliki tugas yang sama dalam menyebarkan paham nasionalisme dan kebangsaan," jelasnya.

Ketua Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Sulsel Muammar Bakry mengatakan musik dipilih karena generasi muda sekarang lebih tertarik dan lebih menyukainya, sehingga diselipkan edukasi mengenai kebangsaan untuk membangun pendidikan karakter generasi muda.

"Remaja itu rentan paham radikal, terbukti dengan banyaknya anak muda yang terlibat aksi terorisme. Ini harus diatasi, anak muda harus dibekali dan diisi nilai keagamaan dan kebangsaan yang benar," katanya.

Sementara itu, seorang pekerja seni, Annisa Putri Ayudya, mengatakan bahwa tidak ada aktivitas di dunia ini yang tidak menggunakan musik sebagai pendamping dalam kegiatan sehari-hari.

Menurut dia, musik membuat orang lebih tenang dan menyebarkan keberagaman, toleransi, dan nasionalisme.

"Dibutuhkan sinergisme yang kuat antara aparatur keamanan dengan masyarakat, terutama anak muda, karena bahaya terorisme menyasar tanpa memandang pangkat, jabatan, dan status sosial. Dalam konteks inilah Aksi Musik Anak Bangsa di Sulawesi Selatan menjadi sangat penting," ujarnya. (Ant/S-2)

 

Baca Juga

MI/Jamaah

Perajin Piala di Kudus Banjir Order di HUT RI ke 77

👤Jamaah 🕔Jumat 12 Agustus 2022, 08:29 WIB
KAMPUNG perajin piala yang berlokasi di Dusun Ledok, Desa Demangan, Kota, Kudus, Jawa Tengah, kebanjiran order menjelang peranyaan HUT...
Dok. AAJI

AAJI Gelar Seminar Motivasi dan Beri Penghargaan Agen Asuransi Berprestasi

👤Ruta Suryana 🕔Jumat 12 Agustus 2022, 07:46 WIB
“Melalui ajang TAA AAJI ke-35 ini juga diharapkan dapat mengembalikan dan meningkatkan gaung asuransi jiwa kepada masyarakat...
MI/HO

Gobel Minta Pemda Serius Majukan Ekonomi Kawasan Perbatasan

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 12 Agustus 2022, 04:15 WIB
Gobel berkunjung ke Provinsi Kalbar dalam rangka kunjungan ke PLBN di Aruk, Sambas dalam kapasitasnya sebagai ketua Timwas Perbatasan DPR...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya