Sabtu 05 Maret 2022, 09:00 WIB

Wali Kota Medan Terus Perjuangkan Kemajuan UMKM Lokal

Mediaindonesia.com | Nusantara
Wali Kota Medan Terus Perjuangkan Kemajuan UMKM Lokal

Antara
Wali Kota Medan Bobby Nasution.

 

Wali Kota Medan, Sumatra Utara, Bobby Nasution mengaku terus memperjuangkan kemajuan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) lokal agar berkembang di tengah pandemi.

"Selain mengajak UMKM untuk melek digitalisasi, kita juga melakukan kolaborasi antara pelaku UMKM dengan para start up (perusahaan rintisan)," tuturnya di Medan, Jumat (4/3).

Kemudian, lanjut dia, menjalin kerja sama antara pelaku UMKM yang menerapkan digitalisasi dengan empat BUMN dalam pembinaan dan pengembangan UMKM lokal itu sendiri.

Wali kota berharap dengan berbagai upaya tersebut, terutama bagi pelaku UMKM lokal yang terdampak pandemi Covid-19 dua tahun terakhir bisa kembali bangkit dan naik kelas.

"Upaya dan kerja keras yang kita ini membuat pelaku UMKM dan start up di Bali tertarik, dan mereka ingin berkolaborasi UMKM di Kota Medan di antaranya pemasaran produk maupun transfer teknologi," kata Bobby.

Pihaknya menerangkan keinginan berkolaborasi itu disampaikan di sela-sela kunjungan Wali Kota Medan pada rangkaian acara Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) di Bali akhir tahun lalu.

"Keinginan itu langsung kita sikapi dengan mengajak pelaku UMKM dan start up di Bali berkunjung ke Kota Medan. Dengan kolaborasi itu nanti, kita harapkan UMKM lokal bisa cepat bangkit," paparnya.

Berdasarkan data Dinas Koperasi dan UKM Kota Medan menyebut jumlah UMKM yang dibina oleh Pemkot Medan sekitar 27.000 unit dari total 70.000 unit yang terdata.

"Di tengah pandemi belum tahu kapan berakhirnya, perekonomian harus bangkit, salah satunya UMKM sebagai tulang punggung. Pemanfaatan teknologi menjadi kunci agar pelaku UMKM naik kelas di masa pandemi ini," kata Bobby. (Ant/OL-12)

 

Baca Juga

Ist

Mahasiswa Muna Barat Kembali Desak Mendagri Berhentikan Penjabat Bupati

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Februari 2023, 10:38 WIB
Ikatan Mahasiswa Pemuda Muna Barat-Jakarta (IMPMB-Jakarta) kembali melakukan berdemonstrasi damai di depan kantor Kementerian Dalam Negeri...
Dok. BSKDN Kemendagri

Tingkatkan Ekosistem Inovasi, BSKDN Berharap Bantaeng Jadi Binar dari Selatan untuk Indonesia

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Februari 2023, 10:34 WIB
Yusharto menuturkan Kemendagri terus mendorong daerah untuk melaporkan inovasinya ke pemerintah pusat melalui...
MI/ HO

Wamen ATR/BPN Serahkan Sertifikat Tanah Rumah Ibadah dan Lembaga Pendidikan di Kalbar

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Februari 2023, 09:18 WIB
Sekretaris Dewan Pembina PSI itu  berharap sertifikat yang diserahkannya dapat memiliki manfaat bagi banyak orang serta terhindar dari...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya