Selasa 08 Februari 2022, 13:35 WIB

Harga Telur dan Daging Ayam di Palembang Terjun Bebas

Dwi Apriani | Nusantara
Harga Telur dan Daging Ayam di Palembang Terjun Bebas

MI/Dwi Apriani

 

HARGA telur ayam dan daging ayam potong di pasar tradisional Palembang turun drastis. Hal ini sudah terjadi hampir sepekan. Harga telur ayam saat ini Rp16.000 per kilogram sementara daging ayam potong Rp26.000 per kilogram.

Padahal di akhir Januari, harga telur ayam dan daging ayam potong mahal. Saat itu telur ayam mencapai Rp26.000 per kilogram sementara daging ayam potong mencapai Rp42.000 kilogram. Arifin, pedagang sembako di Pasar KM 5 Palembang mengatakan, harga telur ayam memang mengalami penurunan harga dari agen.

''Sudah sekitar lima hari ini turun harga, sebelumnya memang tinggi, tapi informasi dari agen harganya turun karena sedang panen ayam bertelur,'' jelas Arifin, Selasa (8/2/2022).

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Sumsel, Ahmad Rizali mengatakan, memang harga telur ayam dan daging ayam potong sedang dalam kondisi turun. Sebab harga normal untuk dua komoditas ini berbeda dengan harga yang berlaku saat ini.

''Biasanya harga normal telur ayam Rp19.000-Rp21.000 per kilogram, sementara daging ayam potong Rp28.000-30.000 per kilogram. Harga saat ini turun karena memang pasokan baru masuk dan membanjiri pasar, dan juga permintaan pasar sedang cenderung normal,'' jelasnya.

Diakuinya, turunnya harga ini juga dikarenakan saat ini sudah terlepas dari hari besar dan keagamaan. Namun Rizali memprediksi harga telur ayam dan daging ayam potong cenderung biasanya naik pada saat menjelang bulan puasa atau ramadan. ''Biasanya jelang ramadan, harga berbagai komoditas akan naik, karena demand nya naik,'' ucapnya.

Meski begitu, Rizali berharap agar masyarakat tetap membeli dan mengkonsumsi bahan pokok secukupnya dan tidak membeli dalam jumlah yang berlebihan. (DW/OL-10)

Baca Juga

MI/ HO

Wamen ATR/BPN Serahkan Sertifikat Tanah Rumah Ibadah dan Lembaga Pendidikan di Kalbar

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Februari 2023, 09:18 WIB
Sekretaris Dewan Pembina PSI itu  berharap sertifikat yang diserahkannya dapat memiliki manfaat bagi banyak orang serta terhindar dari...
MI/Ignas Kunda

Jalan Air Dan Uap Panas Bumi di Pulau Palue

👤Ignas Kunda 🕔Jumat 03 Februari 2023, 09:15 WIB
Aktivitas vulkanisnya dalam perut Bumi membuat gunung itu menghasilkan uap panas bukan mata air walaupun ada hutan belantara di...
MI/HO

Teman Sandi Galang Dukungan di NTB dan Jawa Barat 

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Februari 2023, 07:24 WIB
Di NTB, Teman Sandi mengawali kegiatan dengan bantuan kemanusiaan untuk lansia. Dalam kegiatan itu, Teman Sandi memberikan bantuan kepada...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya