Minggu 30 Januari 2022, 23:10 WIB

Pemkab Lamongan dan BBWS Normalisasi Sungai dan Rawa

M Yakub | Nusantara
Pemkab Lamongan dan BBWS Normalisasi Sungai dan Rawa

MI/M Yakub
Luapan Sungai Bengawan Jero menyebabkan banjir di Lamongan, Jawa Timur.

 

PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Lamongan, Jawa Timur (Jatim) bersama pihak terkait dan Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWS) telah menormalisasi Kali Dinoyo yang kritis sepanjang 3 kilometer dan sejumlah rawa.

Pemkab juga mengaktifkan sejumlah mesin pompa dan membersihkan enceng gondok dari sungai. Langkah itu sebagai upaya percepatan penanganan banjir di kawasan Bengawan Jero.

Kabag Protokol dan Komunikasi Pemkab Lamongan, Arif Bakhtiar menjelaskan telah dilakukan berbagai upaya untuk menangani luapan air Bengawan Jero. "Telah dilakukan normalisasi Kali Dinoyo pada titik kritis sepanjang 3 km oleh BBWS Bengawan Solo dengan menggunakan alat berat sejak Jumat lalu," terangnya, Minggu (30/1).

Begitu pula penyedotan dengan menggunakan pompa air dengan kapasitas penuh untuk mengurangi banjir. Menurut dia, Pemkab Lamongan juga melakukan pembersihan aliran sungai dari enceng gondok, jaring, dan anco.

"Normalisasi Rawa Semando dan Rawa Cungkup juga telah dilakukan oleh Dinas PU SDA Propinsi Jawa Timur. Penanganan banjir ini sudah sesuai dengan desain BBWS Bengawan Solo untuk mengurangi air masuk ke Kali Blawi," jelas Arif Bakhtiar.

Begitu pula bantuan sosial juga diserahkan melalui BPBD Kabupaten Lamongan pada masyarakat 6 kecamatan terdampak luapan banjir Bengawan Jero. Termasuk sejumlah unit mobil jenis truk atau pikap juga masih dioperasionalkan bergantian oleh OPD terkait untuk mobilitas warga setempat dan mengangkut kendaraan roda dua.

Jumat (28/1), Bupati Yuhronur Efendi juga mengunjungi wilayah terdampak luapan air Bengawan Jero. Dengan menaiki perahu dari Jembatan Blawi Kecamatan Karangbinangun sampai dengan jembatan Kiringan.

Bupati juga berkesempatan menaiki perahu untuk mengawal proses pembersihan enceng gondok di sekitaran sungai. Ia juga berharap luapan air Bengawan Jero segera surut.

"Pemkab Lamongan telah berkoordinasi dengan berbagai pihak yang mempunyai kewenangan atas Bengawan Jero yakni BBWS Bengawan Solo, Dinas PU SDA Propinsi Jawa Timur dan beberapa stakeholder. Kita sudah membentuk Tim Penanggulangan Banjir Bengawan Jero dan melakukan action sesuai kewenangan masing-masing," pungkasnya. (OL-15)

Baca Juga

HO

Habaib Dan Kiai Jatim Doakan Gus Muhaimin Presiden 2024

👤Widhoroso 🕔Jumat 01 Juli 2022, 22:57 WIB
PARA habaib dan kiai serta ribuan warga dari berbagai daerah di Jawa Timur (Jatim) mendoakan Muhaimin Iskandar sebagai Presiden...
DOK.MI

Tanah Longsor di Mamasa, 2 Tewas dan 6 Desa Terisolasi

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 01 Juli 2022, 22:55 WIB
BPBD bersama tim gabungan terus berupaya melakukan penanganan darurat di lokasi terdampak guna menemukan kemungkinan adanya korban...
ANTARA

Sopir Angkot Palembang Resah Dengan Penerapan Aplikasi MyPertamina

👤Dwi Apriani 🕔Jumat 01 Juli 2022, 22:24 WIB
MESKI belum diterapkan di Palembang, Sumatera Selatan, namun masyarakat mulai mempertanyakan penggunaan aplikasi MyPertamina untuk...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya