Selasa 25 Januari 2022, 21:55 WIB

Vaksinasi Covid-19 di Jateng Dikebut, 16 Daerah Berada di Level 1 PPKM

Akhmad Safuan | Nusantara
Vaksinasi Covid-19 di Jateng Dikebut, 16 Daerah Berada di Level 1 PPKM

DOK MI
Vaksinasi Covid-19 untuk anak di Jawa Tengah.

 

VAKSINASI covid-19 terus digenjot di Jawa Tengah untuk mencegah penyebaran covid-19 varian omikron. Di sisi lain, jumlah daerah di Jawa tengah yang berada di Level 1 Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) naik dari sebelumnya 12 daerah menjadi 16, sedangkan 19 daerah masih bertahan di PPKM Level 2.

Pemantauan Media Indonesia Selasa (25/1) vaksinasi covid-19 di berbagai daerah di Jawa Tengah terus digenjot. Selain diadakan di berbagai tempat oleh Pemerintah Kabupaten/Kota dan provinsi, vaksinasi untuk umum, lansia, anak-anak maupun booster juga dilakukan kepolisian dan TNI.

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Jawa Tengah jumlah kasus covid-19 mengalami peningkatan per hari ini sebanyak 44 kasus, hingga sebanyak 226 orang masih dirawat di berbagai rumah sakit dan isolasi. "Ada lima daerah tertinggi kasus covid-19 yakni Banjarnegara, Kendal, Klaten, Surakarta dan Semarang," kata Kepala Humas Polda Jateng Kombes Iqbal Alqudusy.

Kasus covid-19 varian omikron sudah masuk ke beberapa daerah di Jawa Tengah, lanjut Iqbal, menjukan provinsi ini rawan terhadap penyebaran varian baru tersebut sehingga diminta warga tetap waspada dan disiplin terhadap protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran. Dalam rangka mencegah covid-19, ujar Iqbal Alqudusy, kepolisian terus membantu pemerintah untuk mempercepat pelaksanaan vaksinasi, karena hingga saat ini akselerasi vaksinasi di Jawa Tengah telah mencapai 87,4 persen untuk penerima dosis pertama dan dosis kedua mencapai 65,29 persen.

Sedangkan sasaran utama penerima vaksin untuk lansia, demikian Iqbal, telah tercapai 74,33 persen dan anak usia 6-11 tahun sebanyak 70 persen. Ada 56 gerai vaksinasi di wilayah Polda Jateng yang digerakkan untuk menjemput bola pelaksanaan suntik vaksin," imbuhnya.

Di sisi lain, berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 5/2022 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 3, Level 2, dan Level 1 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa-Bali, sebanyak 16 daerah di Jawa Tengah berada di level 1 dan 19 daerah berada di level 2 PPKM.

Daerah di Jawa Tengah masuk level 1 yakni Kabupaten Temanggung, Rembang, Pemalang, Magelang, Kudus, Kota Tegal, Kota Semarang, Kota Salatiga, Kota Pekalongan, Kota Magelang, Kendal, Banyumas, Semarang, Jepara, Blora, dan Demak.

Sedangkan 19 daerah masih bertahan di level 2 yaitu Kabupaten Wonosobo, Wonogiri, Tegal, Sukoharjo, Sragen, Purworejo, Purbalingga, Pati, Kota Surakarta, Klaten, Kebumen, Karanganyar, Cilacap, Banjarnegara, Pekalongan, Grobogan, Brebes, Boyolali dan Batang. (OL-15)

Baca Juga

dok.humas

Pemerataan Vaksinasi Covid-19, BIN Targetkan 279.000 Dosis per Bulan di Riau

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 20 Mei 2022, 11:05 WIB
BIN terus berupaya menekan penyebaran virus Covid-19 di Indonesia, salah satunya melalui percepatan...
MI/Apul Iskandar

Petugas Lapas Kelas IIA Pematangsiantar Gelar Razia, Hanya Temukan Ponsel dan Kartu Remi

👤Apul Iskandar 🕔Jumat 20 Mei 2022, 10:57 WIB
Plt Kalapas Kelas IIA Pematangsiantar, Mhd Thavip melalui KPLP, Raymond Andika Girsang, mengatakan razia kamar WBP merupakan agenda rutin...
MI/Apul Iskandar

BPODT Ajak Bank Indonesia Bangkitkan Pariwisata Danau Toba

👤Apul Iskandar 🕔Jumat 20 Mei 2022, 10:54 WIB
Dalam gelaran FGD tersebut turut juga menghadirkan nara sumber dari GM Simalem Resort, GM Hotel Niagara, PT Angkasa Pura dan PT Jasa Marga...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya