Selasa 25 Januari 2022, 21:00 WIB

Bupati Probolinggo Nonaktif Puput Tantriana Jalani Sidang Perdana di Pengadilan Tipikor Surabaya

Heri Susetyo | Nusantara
Bupati Probolinggo Nonaktif Puput Tantriana Jalani Sidang Perdana di Pengadilan Tipikor Surabaya

MI/HERI SUSETYO
Sidang perdana dengan terdakwa Bupati Probolinggo non aktif di Pengadilan Tipikor Surabaya

 


BUPATI Probolinggo Nonaktif Puput Tantriana menjalani sidang perdana di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Surabaya, Jawa Timur, Selasa (25/).

Puput terseret kasus dugaan suap jual beli jabatan kepala desa bersama suaminya anggota DPR RI Hasan Aminuddin.
 
Sidang perdana dengan terdakwa Puput dan Hasan dilakukan secara daring. Kedua terdakwa mengikuti jalannya persidangan dari Gedung ACLK Jakarta.
 
Sidang yang dipimpin Ketua Majelis Hakim Dju Johnson Mira Mangngi ini digelar dengan agenda mendengarkan dakwaan Jaksa Penuntut Umum KPK.

Keduanya didakwa melanggar pasal 12 huruf a Undang-undang Tipikor junto pasal 55 ayat (1) ke 1 KUHP junto pasal 65 ayat (1) KUHP, tau pasal 11 UU Tipikor junto pasal 55 ayat (1) ke 1 KUHP junto pasal 65 ayat (1) KUHP.
 
Suami istri ini terjaring operasi tangkap tangan KPK di kediaman pribadi mereka di Jalan Ahmad Yani Probolinggo pada 30 Agustus 2021 lalu. Keduanya ditangkap bersama delapan orang lainnya, yakni beberapa camat dan ajudan.
 
Operasi tangkap tangan KPK tersebut terkait kasus dugaan suap jual beli jabatan kepala desa. KPK menyita uang diduga untuk suap senilai Rp360 juta.

"Jadi uang itu dari Kades Karangren Rp20 juta, Krejengan Rp240 juta dan Paiton Rp100 juta," kata Jaksa KPK Wawan Yunarwanto.

Kasus ini juga menyeret belasan kepala desa yang memberi uang suap. Mereka ialah Sumarto, Ali Wafa, Mawardi, Mashudi, Maliha, Mohammad Bambang, dan Masruhen. Tersangka lainnya ialah Abdul Wafi, Kho'im, Ahkmad Saifullah, Jaelani, Uhar, Nurul Hadi, Nuruh Huda, Hasan, Sahir, Sugito, dan Samsuddin. (N-2)

Baca Juga

dok.ist

Bantu Masyarakat Desa Tuapukas, OMG NTT Bangun Penampungan Air dan Pasang Pompa

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 31 Januari 2023, 20:32 WIB
SUKARELAWAN Orang Muda Ganjar (OMG) Nusa Tenggara Timur (NTT) membangun penampungan air dan memasang pompa di Desa Tuapukas, Timor Tengah...
DOK MI.

Keluarga Mahasiswi Korban Tabrak Lari Minta Usut Kasus dengan Transparan

👤Muchlis Bachtiar 🕔Selasa 31 Januari 2023, 20:20 WIB
Keluarga Selvi hingga saat ini masih belum percaya atas kepergiannya. Pasalnya, sebelum meninggal, Selvi berpamitan untuk bermain ke rumah...
DOK.MI

Aborsi di Jambi, Wanita asal Sumsel dan Bayinya Tewas di Kamar Hotel

👤Solmi Ruhan 🕔Selasa 31 Januari 2023, 20:09 WIB
Sambil melakukan pendalaman, pihak kepolisian juga telah mengamankan dua tersangka yang diduga terlibat prosesi aborsi di kamar hotel...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya