Minggu 23 Januari 2022, 18:25 WIB

1.300 Mahasiswa Universitas Palangka Raya Dibantu KIP Kuliah Jokowi

Mediaindonesia.com | Nusantara
1.300 Mahasiswa Universitas Palangka Raya Dibantu KIP Kuliah Jokowi

DOK Pribadi.
Ruangan Fakultas Ekonomi Bisnis dan Rektorat Universitas Palangka Raya saat disinfeksi covid-19.

 

PROGRAM Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah Presiden Joko Widodo (Jokowi) dinilai dapat membangkitkan semangat generasi muda meraih pendidikan tinggi. Soalnya, KIP Kuliah menawarkan bantuan uang kuliah hingga biaya hidup yang lebih besar.

Seperti yang disampaikan Rektor Universitas Palangka Raya (UPR), Kalimantan Tengah, Dr. Andrie Elia. Ia mengungkapkan di kampusnya terdapat sekitar 1.300 mahasiswa merupakan penerima manfaat KIP Kuliah. 

Menurut Dr. Andrie Elia, program tersebut sangat bermanfaat lantaran terbukti membantu meringankan biaya kuliah mahasiswa. Itu membuat setiap anak yang berasal dari keluarga kurang mampu bisa merasakan bangku kuliah. "Pemerintah dan presiden tidak ingin ada anak-anak tidak bisa kuliah karena tidak punya biaya," kata Dr. Andrie Elia.

Ia menambahkan di era pemerintahan Jokowi beragam kemudahan bisa dirasakan banyak masyarakat termasuk bagi mahasiswa. Potret yang ia rasakan sejak Jokowi menjadi Presiden. 

Bukan tanpa alasan ia mengatakan demikian. Pasalnya sekarang masih ada masyarakat tidak mampu mengenyam pendidikan karena persoalan biaya. Apalagi jika sudah beranjak masuk ke jenjeng perkuliahan. "Tidak semua masyarakat Indonesia mampu masuk ke perguruan tinggi," imbuh Dr. Andrie Elia.

Baca juga: Dibantu Kodam Udayana, Warga Desa Pana NTT Dapat Nikmati Air Bersih

Oleh karena itu, dia menilai KIP Kuliah juga akan berdampak positif terhadap pembangunan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas. Dia pun berharap kartu-kartu ini bisa lebih berkelanjutan agar makin banyak masyarakat yang menerima manfaatnya. (OL-14)

Baca Juga

MI/Gabriel Langga

Desa Tilang Nikahkan Ratusan Pasangan secara Gratis

👤Gabriel Langga 🕔Selasa 17 Mei 2022, 12:22 WIB
"Tahun ini ada sekitar 111 pasangan akan kita nikahkan secara bertahap. Proses pembiayaan pernikahan ditanggung oleh desa melalui...
Antara/Galih Pradipta.

Era Jokowi Dinilai Beri Banyak Ruang bagi Pengusaha Milenial

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 17 Mei 2022, 10:55 WIB
Di sisi lain, era digital juga semakin membuka ruang bagi pengusaha muda untuk mengakses dukungan teknologi dalam menjalankan...
MI/Gabriel langga

Pelaku Usaha Nilai Sektor Riil di NTT Belum Digarap Serius

👤Gabriel Langga 🕔Selasa 17 Mei 2022, 10:35 WIB
KALAU NTT mau keluar dari kemiskinan itu wajib punya sektor riil minimal 50 persen.  Hanya dengan sektor riil maka NTT bisa...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya