Senin 17 Januari 2022, 16:52 WIB

Dapat Tambahan Vaksin, Sumsel Gencarkan Vaksinasi Anak 6-11 Tahun

Dwi Apriani | Nusantara
Dapat Tambahan Vaksin, Sumsel Gencarkan Vaksinasi Anak 6-11 Tahun

DOK MI
Ilustrasi

 

PEMERINTAH Provinsi Sumatera Selatan terus menggencarkan vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun. Untuk menunjang vaksinasi anak itu, Kementerian Kesehatan mendistribusikan kembali vaksinasi tambahan yakni sebanyak 289.200 dosis vaksin jenis CoronaVac.

Stok vaksin ini diperuntukkan bagi vaksinasi anak usia 6-11 tahun dengan total sasaran 899.622 anak. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan Lesty Nurainy mengatakan Pemerintah Pusat telah memberikan stok tambahan vaksin khusus untuk vaksinasi anak.

"Kita mendapat 289.200 dosis vaksin untuk anak usia 6-11 tahun. Jenis vaksinnya yakni vaksin CoronaVac," ucap Lesty, Senin (17/1).

Lesty mengatakan vaksin CoronaVac merupakan vaksin Covid-19 yang dikembangkan oleh perusahaan biofarmasi asal Tiongkok, Sinovac Biotech. Berdasarkan ketentuan, vaksinasi untuk anak-anak dilakukan secara intramuskular atau injeksi ke dalam otot tubuh di bagian lengan atas.

Suntikan diberikan sebanyak dua kali dengan dosis 0,5 mili dalam interval minimal 28 hari. Sebelum dilakukan penyuntikan vaksin, harus melalui skrining dengan format standar oleh petugas vaksinasi. Sejauh ini, pemerintah memperbolehkan kegiatan vaksinasi anak dilakukan Puskesmas, rumah sakit, fasilitas pelayanan kesehatan lain, hingga pos-pos pelayanan vaksinasi dan sentra vaksinasi.

Namun, Lesty menyarankan lebih baik dilaksanakan di sekolah agar dapat diketahui anak yang sudah divaksin dan yang belum divaksin. "Saat ini masih ada yang tidak setuju anaknya divaksin. Ini butuh upaya bersama untuk menyosialisasikan ke para orangtua bahwa vaksin anak itu penting. Karena anak bisa juga terpapar Covid-19," pungkasnya. (OL-15)

Baca Juga

MI/Arnoldus Dhae

Bandara Ngurah Rai Bali akan Pasang 288 Unit Solar Panel System

👤Arnoldus Dhae 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 23:32 WIB
Untuk tahap awal, PLTS berupa 288 unit solar panel system (photovoltaics) dengan kapasitas maksimal 155 kilo watt peak (kWp) akan dipasang...
ANTARA FOTO/Bayu Pratama

Kalsel Tetapkan Isu Prioritas Lingkungan Hidup

👤Denny Susanto 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 23:18 WIB
Bencana banjir dan pengelolaan sampah menjadi isu prioritas utama lingkungan hidup di...
Dok.Mi

Rem Blong, Bus Pariwisata Tabrak Kendaraan Hingga Rumah Warga dan Sebabkan 3 Orang Meninggal Dunia

👤Adi Kristiadi 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 23:15 WIB
Kejadian tersebut, menyebabkan rumah, sepeda motor, dan mobil mengalami kerusakan, hingga tiga orang meninggal dunia dan 23 orang lainnya...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya