Jumat 14 Januari 2022, 18:24 WIB

Festival Sekanak Lambidaro akan Digelar Februari Mendatang

Dwi Apriani | Nusantara
Festival Sekanak Lambidaro akan Digelar Februari Mendatang

DOK MI
Sungai Sekanak Lambidaro Palembang, Sumsel.

 

BALAI Besar Wilayah Sungai Sumatera (BBWSS) VIII bersama Pemerintah Kota Palembang, Sumsel akan menggelar festival di Taman Sekanak Lambidaro. Selain sebagai menarik minat wisatawan ke Palembang, festival ini juga dilakukan untuk mengkampanyekan sungai bersih kepada masyarakat.

Rencananya, festival ini akan digelar awal Februari 2022 di sepanjang jalan Radial Palembang. Festival ini dilakukan menyusul rampungnya revitalisasi Sungai Sekanak Lambidaro tahap pertama. "Melalui festival ini, kita mencontohkan kepada masyrakat tentang sungai bersih itu bagaimana menjaganya," kata Kepala BBWS III, Maryadi Utama, Jumat (14/1).

Festival yang akan digelar selama dua hari ini, merupakan kegiatan non struktural yang dilakukan oleh BBWSS VIII. Kegiatannya mulai dengan kampanye oleh forkompinda, seperti menebar benih, mengambil sampah, hingga menanam pohon. Selain itu, pada festival tersebut juga ada acara hiburan seperti pameran kuliner, pameran kerajinan, hingga peragaan busana di atas sungai. "Kita akan ada fashion show nanti dilakukan diatas perahu di tengah Sungai Sekanak Lambidaro ini," ujarnya.

Melalui festival ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk lebih menjaga sungai, terkhusus Sungai Sekanak Lambidaro yang sudah dilakukan revitalisasi. Karena, pihaknya tentu tidak ingin sungai ini rusak dan kotor kembali. "Jangan terusak lagi atau kotor kembali itu yang kami harapkan," tutupnya.

Wali Kota Palembang, Harnojoyo mengatakan Taman Sekanak Lambidaro merupakan destinasi wisata baru di Kota Pempek. Mulai dari kuliner, oleh-oleh, hingga hiburan nantinya akan di gelar di taman tersebut.

"Nantinya para pelaku UMKM akan dipusatkan disini, dan juga para komunitas seniman yang biasa di Jalan Sudirman juga akan dipindahkan ke sini," katanya.

Festival Sekanak Lambidaro sekaligus membuka kembali hiburan pedestrian yang sempat terhenti akibat pandemi. Festival ini juga akan dipersiapkan sebaik mungkin. Bahkan, pihaknya menyiagakan para petugas mulai dari Dinas PUPR, Dinas Pera KP, Satpol PP, dan OPD terkait lainnya. "Kita gencarkan terus untuk menata sungai-sungai di Kota Palembang sehingga cita-cita kita, Venesia dari Timur bisa terwujud," pungkasnya. (OL-15)

 

Baca Juga

ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho

Harga Minyak Goreng di Pasar Tradisional Cirebon

👤Nurul Hidayah 🕔Selasa 25 Januari 2022, 21:25 WIB
Banyak pembeli merasa bingung mengapa harga minyak goreng tak juga...
BPMI Setpres

Presiden Bagikan Bantuan Modal bagi Pedagang Pasar Bintan Center

👤Ant 🕔Selasa 25 Januari 2022, 21:21 WIB
Jokowi memberikan bantuan sebesar Rp1,2 juta per orang yang dapat digunakan untuk menambah...
MI/Briyanbodo H

Jembrana akan Gantikan Kegiatan Coffee Morning dengan Chocolate Morning

👤Arnoldus Dhae 🕔Selasa 25 Januari 2022, 21:14 WIB
Menurut Tamba, cokelat asal Jembrana itu memiliki kualitas terbaik di luar negeri. Ini adalah hasil penelitian dari beberapa negara dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya