Selasa 11 Januari 2022, 16:58 WIB

Tiga Daerah di Sumsel Diminta Antisipasi Bencana Hidrometeorologi

Dwi Apriani | Nusantara
Tiga Daerah di Sumsel Diminta Antisipasi Bencana Hidrometeorologi

Medcom
Ilustrasi

 

BADAN Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan deras yang disertai petir dan angin kencang akan terjadi dalam dua hari ini di beberapa wilayah di Sumatera Selatan.

"Hujan deras ini diprediksi terjadi di tiga kabupaten di Sumsel yakni kabupaten Muara Enim, Kabupaten OKU Selatan dan Kabupaten OKU," jerlas Sinta Andayani, Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG SMB II Palembang, Selasa (11/1).

Ia menjelaskan, prediksi hujan deras ini masuk dalam level waspada sehingga terancam memberikan dampak yang harus diantisipasi oleh masyarakat. Dampak tersebut diantaranya, sulit mengendarai kendaraan di jalanan, sebagian kelompok masyarakat terisolir, mulai terjadi kerusakan pada rumah dan bangunan lainnya, sebagian masyarakat kehilangan mata pencaharian dan hewan ternak, jembatan yang rendah tidak dapat dilintasi, gangguan lalu lintas karena jalan utama banjir atau ditutup.

Juga mulai terjadi kerusakan pada jalan dan jembatan dan kerusakan lainnya yang akan terjadi dengan adanya potensi hujan lebat ini. "Karenanya, masyarakat diminta untuk tetap tenang dan waspada apabila bencana banjir dan tanah longsor terjadi akibat hujan deras yang melanda beberapa waktu itu dengan tetap berhati-hati," jelasnya.

Pihaknya juga meminta agar masyarakat terus mengupdate informasi cuaca dari BMKG. Selain itu juga memperhatikan informasi yang disampaikan oleh pemerintah setempat dan melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait kebencanaan. (OL-15)

 

Baca Juga

MI/Apul Iskandar

Wali Kota Pematangsiantar Didesak Setop Pungut Pajak Melebihi NJOP

👤Apul Iskandar 🕔Selasa 18 Januari 2022, 23:58 WIB
Henry juga meminta serta mendesak Wali Kota Pematangsiantar untuk mengembalikan kepada wajib pajak, setoran pajak daerah yang terlanjur...
Antara

Pemkab Temanggung Terima 23.520 Dosis Vaksin Booster

👤Ant 🕔Selasa 18 Januari 2022, 23:55 WIB
Pelaksanaan vaksinasi booster mulai Senin (17/1), antara lain dilakukan di Puskesmas Parakan dan Kejari...
Antara

Vaksinasi 6-11 Tahun di Sukabumi Sasar Anak Jalanan

👤Ant 🕔Selasa 18 Januari 2022, 23:44 WIB
"Anak jalanan, pengamen dan anak putus sekolah merupakan salah satu kelompok rawan,"...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya