Jumat 07 Januari 2022, 16:30 WIB

Wapres Ingatkan Tiga Fungsi Penting Pesantren

M Taufan SP Bustan | Nusantara
Wapres Ingatkan Tiga Fungsi Penting Pesantren

Antara/Mohamad Hamzah.
Sejumlah santri mengikuti pelaksanaan vaksinasi massal covid-19 untuk santri atau pelajar di Kompleks PB Alkhairaat Palu di Palu, Sulteng.

 

WAKIL Presiden Ma'ruf Amin melanjutkan kunjungan kerja hari keduanya di Palu, Sulawesi Tengah, dengan bersilaturahmi kepada pengurus Pondok Pesantren Al-Khairaat. Di pondok itu, Ma'ruf menilai Al-Khairaat memiliki peran strategis dalam mendakwahkan nilai-nilai keislaman.  

"Nilam-nilai keislaman itu bahkan tersebar tidak hanya di Sulawesi, tetapi juga berkembang sampai ke Papua. Itu yang disampaikan Wapres," kata juru bicara Wapres Masduki Baidlowi seusai melakukan pertemuan di Pondok Pesantren Al-khairaat, Jumat (7/1).  

Menurutnya, kepada keluarga besar Al-Khairaat, Wapres mengingatkan tiga fungsi penting pesantren. Pertama, pesantren memiliki tugas pokok untuk menyiapkan kader-kader yang ahli fikih. Kedua, tugas dakwah yang selama ini sudah dilakukan Al-Khairaat. Ketiga, Wapres menekankan pentingnya peran pesantren dalam upaya pemberdayaan ekonomi masyarakat. 

"Jadi Wapres tadi menekankan agar Ponpes Al-Khairaat itu menggerakkan ekonomi umat, karena cabangnya ribuan di pelbagai tempat," ungkap Masduki. Ia menambahkan bahwa itu bisa dilakukan oleh Al-Khairaat melalui kerja sama dengan pemerintah. 

Baca juga: Vaksinasi Dosis I di Kupang Lampaui 90 Persen

Itu akan menjadi kekuatan grassroot di bawah yang cukup baik. "Dan itu rupanya direspons dengan baik oleh pengurus Al-khairaat," tandas Masduki. (OL-14)

Baca Juga

dok.Ist

Jawara Sumedang Dukung Sandiaga Jadi Presiden

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Mei 2022, 23:28 WIB
PARA relawan Jaringan Wanita Nusantara (Jawara) Sandi Uno memberikan pelatihan budidaya tambak ikan di Waduk Jatigede, Desa Tarjunajaya...
Dok. PT SIS

Maksimalkan Potensi Bahari, Suzuki Marine Resmikan DIler Baru di Makassar

👤Ihfa Firdausya 🕔Kamis 26 Mei 2022, 22:37 WIB
“Sulawesi Selatan adalah salah satu daerah yang memiliki potensi bahari yang besar. Untuk memaksimalkan potensi tersebut, kami hadir...
Ist

Cegah PMK di Lampung, Apkasi Usulkan Stop Pasokan Sapi dari Luar Daerah

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Mei 2022, 22:10 WIB
Ketua Umum Apkasi Sutan Riska Tuanku Kerajaan bersama para Bupati se-Provinsi Lampung sepakat bahwa penanganan virus PMK pada ternak ini...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya