Rabu 05 Januari 2022, 14:40 WIB

Cegah Banjir Kembali Terjadi, Pemkot Palembang Minta Peran Aktif Masyarakat

Dwi Apriani | Nusantara
Cegah Banjir Kembali Terjadi, Pemkot Palembang Minta Peran Aktif Masyarakat

MI/Dwi Apriani
Wali Kota Palembang Harnojoyo meninjau kawasan Sungai Sekanak Lambidaro dan pompa di Jalan Kapten A Rivai, Kota Palembang

 

HUJAN deras yang melanda Kota Palembang sejak Rabu dini hari (5/1/2022) membuat sejumlah titik kembali tergenang. Tidak ingin banjir besar kembali terjadi, Wali Kota Palembang Harnojoyo sejak subuh sudah berkeliling memantau penanganan banjir oleh petugas di lapangan.

Harnojoyo langsung menuju Sekanak Lambidaro dan pompa di Jalan Kapten A Rivai. Meski mengalami peningkatan debit air, namun masih bisa dikendalikan. Menurut Harnojoyo, tingginya curah hujan yang terjadi pada beberapa hari ini merupakan salah satu penyebab meluapnya seluruh kolam retensi yang dipergunakan sebagai tempat penampungan air.

Akibatnya air meluap ke jalan yang menyebabkan genangan air dan banjir. ''Karena curah hujan yang meningkat jadi kita juga harus lebih waspada. Pemkot Palembang bersama dinas terkait juga telah merancang sistem baru untuk pengawalan kondisi banjir ini agar dapat berkurang dan tak sampai meluap luas seperti beberapa waktu lalu,'' kata Harnojoyo.

Harnojoyo pun meminta peran aktif masyarakat bersama dengan Pemerintah dalam upaya mengantisipasi banjir, salah satunya yakni melalui kegiatan gotong royong rutin serta tidak membuang sampah sembarangan ke saluran air.

''Dari Pemkot kami sudah berupaya merutinkan gerakan gotong royong bersama setiap minggu. Harapannya, kita semua dari unsur manapun dapat mendukung penuh dengan turut berkontribusi misalnya jangan membuang sampah sembarangan dan ikut gotong royong rutin,'' pungkasnya. (DW/OL-10)

Baca Juga

Dok. Agriensia Raya

Oleh-Oleh Kekinian Asli Medan Ini Buka Gerai Kedua, Beri Kejutan Bagi Penumpang Pesawat

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 27 Mei 2022, 23:08 WIB
Bolu Stim Menara merupakan makanan kekinian asli Medan yang mampu menjadikan bahan baku asli Medan seperti pandan, markisa, srikaya, jeruk...
DOK Telkomsel.

Kartu Telekomunikasi yang Dipakai Surfer WSL di Banyuwangi

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 27 Mei 2022, 22:20 WIB
Lokasi WSL tepat berada di kelengkungan bumi sehingga tim network memasang dua combat yakni Plengkung dan...
MI/Benny Bastiandy

Pemandian Air Panas Alami di Pasar Cipanas Jadi Daya Tarik Wisata

👤Benny Bastiandy 🕔Jumat 27 Mei 2022, 22:06 WIB
PASAR Cipanas Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, memiliki potensi sumber air panas alami. Saat ini potensinya sudah ditata sedemikian rupa...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya