Rabu 05 Januari 2022, 17:59 WIB

Sawahlunto Bangun Masjid Istiqlal Indonesia di Palestina

Mediaindonesia.com | Nusantara
Sawahlunto Bangun Masjid Istiqlal Indonesia di Palestina

AFP/Jaafar Ashtiyeh.
Ilustrasi.

 

SAAT ini pembangunan Masjid Istiqlal Indonesia di Palestina hampir selesai. Pembangunannya hanya tinggal pada bagian interior.

"Alhamdulillah, Masjid Istiqlal Indonesia di daerah Khan Yunis Ghaza sudah masuk tahapan akhir (finishing). Kami mewakili warga Palestina menyampaikan terima kasih kepada Pemkot dan masyarakat Sawahlunto yang telah menyerahkan donasi cukup besar kepada Yayasan Amal Mulia untuk pembangunan masjid ini," kata Pimpinan Yayasan Amal Mulia Agis Muhsin dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Sawahlunto, Sumatra Barat, Rabu (5/1).

Ia menyebut donasi yang terkumpul dari Sawahlunto dan telah diterima Yayasan Amal Mulia senilai Rp445 juta. Dana itulah yang telah dimanfaatkan Yayasan untuk membangun masjid di Palestina tersebut.

"Donasi itu telah diserahkan Wali Kota Sawahlunto kepada Yayasan Amal Mulia pada Ahad (8/12/2019) atau tiga tahun yang lalu. Ini bersumber dari sumbangan masyarakat, sumbangan jemaah masjid/musala, dan sumbangan jajaran aparatur sipil negara (ASN)," katanya. 

Agis juga mengirimkan foto yang berisi seorang anak Palestina di depan Masjid Istiqlal Indonesia di Palestina yang membentangkan kertas bertuliskan, "Terima kasih untuk masyarakat dan Pemkot Sawahlunto yang telah membantu kami membangun masjid." 

Wali Kota Sawahlunto Deri Asta mengatakan antusiasme masyarakat dan ASN Sawahlunto dalam memberikan donasi untuk pembangunan masjid di Palestina menunjukkan bahwa meski terpisah jarak, kepedulian masyarakat Sawahlunto pada saudara-saudara di Palestina ternyata sangat tinggi. "Kami juga menyampaikan terima kasih kepada masyarakat dan ASN Sawahlunto yang telah berkontribusi dalam berdonasi membantu pembangunan Masjid Istiqlal Indonesia di Palestina," kata dia. 

Baca juga: Israel Vonis Penjara Seumur Hidup 547 Pejuang Kemerdekaan Palestina

Ditambahkan Wali Kota, tingginya rasa berbagi seperti ini hendaknya juga dapat dipraktikkan untuk membantu orang-orang di lingkungan terdekat, semisal tetangga yang sedang kesulitan agar bisa saling berbagi. "Kepedulian sosial, nilai inilah yang kami lihat di sini dan sangat bagus sekali kita tingkatkan, kita realisasikan juga dalam membantu lingkungan terdekat yakni lingkungan sehari-hari," katanya. (Ant/OL-14)

Baca Juga

MI/PALCE AMALO

Pengungsi Afghanistan yang Berusaha Bunuh Diri di Jembatan Liliba Kupang Berhasil Diselamatkan

👤Palce Amalo 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 06:30 WIB
Polisi menerima laporan aksi nekat Hassan sekitar pukul 19.00 Wita dan langsung mendatangi lokasi kejadian untuk melakukan...
Dok. Kemenparekraf

Kemenparekraf Lanjutkan Sosialisasi Sadar Wisata di Kabupaten Simalungun dan Toba

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 24 Juni 2022, 23:29 WIB
Sosialisasi berlangsung serentak di Desa Sibaganding (Kab.Simalungun), Desa Lumban Silintong (Kab.Toba), Desa Siboruon (Kab.Toba) dan Desa...
dok.ist

Dukung Program Kementan, Bupati Tala Genjot Regenerasi Petani

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 24 Juni 2022, 21:40 WIB
SUMBER daya manusia (SDM di sektor pertanian Indonesia didominasi oleh petani senior, berkisar 71%, usianya lebih 45 tahun, sementara yang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya