Selasa 14 Desember 2021, 17:37 WIB

Pembatik Malang Lelang Hasil Karya Untuk Penyintas Semeru

Bagus Suryo | Nusantara
Pembatik Malang Lelang Hasil Karya Untuk Penyintas Semeru

MI/Bagus Suryo
Paguyuban Batik Hasta Padma di Kabupaten Malang melelang batik karya mereka untuk menggalang donasi bagi penyintas erupsi Gunung Semeru.

 

PARA pembatik di Kabupaten Malang, Jawa Timur, melelang batik karya mereka untuk menggalang donasi bagi penyintas awan panas guguran Gunung  Semeru. Lelang diikuti pembatik disabilitas.

"Hasil lelang dan penjualan batik disalurkan ke korban bencana. Total donasi Rp21.005.000," tegas Koordinator Bidang Humas Paguyuban Batik Hasta Padma, Kabupaten Malang Ita Fitriyah, Selasa (14/12).

Ia menjelaskan peserta lelang diikuti 138 pembatik dari 33 kecamatan.  Dari 70 batik berbagai motif yang dilelang itu sebanyak 58 potong kain terjual. Hasil penjualan Rp7.455.000 dan donasi uang tunai Rp13.550.000. "Batik yang terjual di antaranya motif tlogosari ngijo, motif pakis, motif dewandaru dan motif bambu kenanga," katanya.

Seluruh hasil penjualan batik dan donasi, lanjutnya, disumbangkan ke  pengungsi di Kecamatan Ampelgading anggota paguyuban batik, yaitu Siti Fatimah dan Yanik. Di rumah kedua pembatik itu ditempati 31 keluarga pengungsi. Selain menyalurkan donasi uang tunai juga menyerahkan bahan pokok di antaranya uang bagi 31 kepala keluarga, telor, gula, bawang merah, bawang putih, dan lauk pauk.

Penyaluran donasi para pembatik bersama Ketua Paguyuban Batik Hasta Padma Sri Widayati, Ketua Harian Soepriyanto, Bendahara Astutik Ningtyas, Sekretaris Widji Walujati. Turut hadir Koordinator Bidang Pendidikan dan Pelatihan Evi Wahyu Astutik, Koordinator Bidang Pemasaran Sumaharti, Koordinator Bidang Humas Ita Fitriyah dan Koordinator Bidang Promosi dan Pameran Leni Setyowati. (OL-15)

Baca Juga

MI/Lina Herlina

Siap Wujudkan Kemandirian Pangan, Lebih dari 5.000 Insan Pertanian Hadiri Pra Penas 2022

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 26 Juni 2022, 08:11 WIB
Lewat kegiatan ini diharapkan dapat terbangun sistem dan usaha agribisnis yang berdaya saing, berkerakyatan, berkelanjutan melalui...
ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto

Hasil Lab BBVeteriner Maros Pastikan Kematian Sapi di Sulsel Negatif Antraks

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 26 Juni 2022, 08:08 WIB
Cuaca yang ekstrim akhir-akhir ini menyebabkan ternak dapat dehidrasi di area...
Dok Kementan

Bawang Merah di Jayapura Tembus Rp80 Ribu per Kilogram

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 26 Juni 2022, 06:30 WIB
Bawang merah antar pulau diambil dengan harga Rp6 ribu-Rp 70 ribu/kg namun kondisinya masih kotor sehingga harus dibersihkan terlebih...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya